PEMANFAATAN SISTEM APLIKASI AUDACITY DALAM PEMBUATAN SENI TEATER DRAMA PADA SMA NEGERI 1 TUMBANG TITI

Julianto Julianto

Abstract


Perkembangan Teknologi dan system informasi menghasilkan berbagai macam inovasi dan terobosan baru dalam mendukung proses penyelesaian suatu tugas, masalah, penciptaan dan implementasi ide atau gagasan dalam menciptakan produk pada sektor industry dan jasa, termasuk penciptaan dan pengembangan sebuah karya dalam bentuk seni. Di beberapa lembaga, teknologi dan system informasi digunakan dalam membawa sebuah seni pertunjukan yang berperan penting sebagai pengisi acara, sehingga dapat memeriahkan acara utama pada sebuah event yang diadakan. Seni teater drama merupakan jenis dari seni pertunjukan yang telah lama ada dari generasi ke generasi. Keberadaanya dinilai dapat menjadi sebuah penyampaian pesan moral, pengenalan terhadap budaya, dan sebagai hiburan di area public maupun area private. Audacity merupakan aplikasi editing audio yang memungkinkan pembuatan teater drama dapat dibawa dengan level yang berbeda, menggunakan konsep modern dengan melibatkan berbagai perangkat teknologi yang ada. Cara kerja pembuatan teater drama ini adalah dengan memasukan sound recording dari para actor dan backsound kedalam aplikasi Audacity untuk dilakukan pengeditan kemudian disusun berdasarkan timelinenya yang dapat menjadikan naskah cerita, penokohan, dan pementasan yang ditampilkan dapat membuat penonton hanyut dalam emosi yang dihasilkan. Namun dalam menghasilkan konsep drama dalam bentuk sound pada Audacity, editor harus mampu mensinergikan, dan menyusun antara naskah drama, timeline, dan dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menempatkan sound ini (recording actor dan bakcsound eksternal). Pemanfaatan aplikasi Audacity dalam pebuatan seni teater drama dilakukan pada SMA Negeri 1 Tumbang Titi dalam mengisi acara yang diselenggarakan oleh sekolah pada event perpisahan siswa dan kunjungan ke sekolah lain dengan tujuan sebagai ajang silaturahmi, memperkenalkan siswa dengan dunia luar, menambah pengalaman, membentuk karakter, dan pertukaran serta pengenalan seni dan budaya.


Full Text:

PDF

References


Amri, U., & Damaianti, V. S. (2016). Pengaruh penggunaan teknik bermain drama melalui teater tradisional randai berbasis kepercayaan diri terhadap kemampuan apresiasi drama. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 186-197.

Audacity, T. (2017). Audacity. The Name Audacity (R) Is a Registered Trademark of Dominic Mazzoni Retrieved from http://audacity. sourceforge. net.

Azalia, A., Ramadhanti, D., Hestiana, H., & Kuswanto, H. (2022). Audacity software analysis in analyzing the frequency and character of the sound spectrum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 177-182.

Baihaqi, I. (2016). Peningkatan keterampilan bermain drama dengan metode Role Playing pada kelompok teater Kenes SMPN 4 Yogyakarta. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(2), 15-28.

Dahana, R. P. (2001). Ideologi politik dan teater modern Indonesia. IndonesiaTera.

Luckhurst, M. (Ed.). (2008). A companion to modern British and Irish drama, 1880-2005. John Wiley & Sons.

Lunt, T., & Curran, J. (2010). ‘Are you listening please?’The advantages of electronic audio feedback compared to written feedback. Assessment & evaluation in higher education, 35(7), 759-769.

Makki, N. K., & Qoyim, I. (2021). FASE TRANSFORMASI IDEOLOGI PERTUNJUKAN TEATER KANVAS. Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam, 1(1), 17-25.

Sahid, N. (2012). Konvensi-Konvensi dalam Drama dan Teater Rendra. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 13(2).

Wikipedia (2023). Audacity diakses 08 Mei 2023, pada https://en.wikipedia.org/wiki/Audacity_(audio_editor)

Zasna, M. (2019). Drama Musical Sepatu Kaca. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i3.2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Julianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.