Sistem Informasi Manajemen Monitoring Kemajuan Pekerjaan Konstruksi pada PT PLN UP3 Kota Metro

Zahara Yunita, Erliyan Redy Susanto, Faruk Ulum

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah Sistem Informasi Manajemen Monitoring Kemajuan Pekerjaan Konstruksi pada PT PLN UP3 Kota Metro. Masalah yang terjadi selama ini yaitu proses kinerja pada PT PLN UP3 Metro masih menggunakan alat pengolahan data yang sederhana seperti Microsoft Excel dan pengiriman laporan kemajuan pekerjaan (LKP) masih melalui aplikasi pesan singkat. Permasalahan yang muncul selama ini adalah proses kinerja di PT PLN UP3 Metro masih menggunakan alat pengolah data sederhana seperti Microsoft Excel, dan pengiriman Laporan Kemajuan Pekerjaan (LKP) masih dilakukan melalui aplikasi pesan singkat. selesai. Selain itu beberapa permasalahan juga dialami oleh PT PLN UP3 Metro seperti permasalahan waktu dalam pengerjaan proyek yang segera diketahui dengan cepat dan secara real time. Dari permasalahan diatas maka penelitian ini akan membuat Sistem Informasi Manajemen Monitoring Kemajuan Pekerjaan Konstruksi dengan menggunakan framework Laravel dan metode Extreme Programming. Untuk mengetahui kelayakan sistem yang dibuat akan melakukan uji kelayakan terhadap dua user yaitu pengawas dan pelaksana. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan metode pengujian Black Box Testing pada faktor Usability produk yang user-friendly dan menggunakan 7 responden terdiri dari 6 pengawas dan 1 pelaksana. Berdasarkan hasil pengujian kelayakan faktor Usability produk yaitu pada user pengawas yang mencapai nilai 100% dan pengujian terhadap pelaksana yang mencapai nilai 100% sehingga pembagian kategori Usability menurut skala likert termasuk kategori Sangat Layak sistem ini akan dipergunakan di PT PLN UP3 Kota Metro.

Full Text:

PDF

References


M. L. Mustofa, Monitoring dan Evaluasi Konsep da n Penerapannya bagi Pembinaan Mahasiswa, Cetakan I. Malang: UIN-MALIKI Press, 2012.

Y. T. Arifin, I. Elyana, and R. Hidayat, “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Konstruksi Pada Perum Perumnas Jakarta Berbasis Web,” 2018.

M. Mansur and M. Daryuni, “Monitoring Sistem Informasi Monitoring Data PGRI Kecamatan Bengkalis Menggunakan Metode Extreme Programming dan Framework Codeigniter,” Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 12, no. 1, pp. 46–58, 2021, doi: 10.31849/digitalzone.v12i1.5662.

Aprisa and S. Monalisa, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN PROYEK BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : PT . INTI PRATAMA SEMESTA ),” vol. 1, no. 1, pp. 49–54, 2015.

D. S. Kurniadi Imam Much Ibnu; Rahman, Raden Abdul, “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Pekerjaan Umum dengan Pendekatan Konsep Nilai Hasil,” TRANSISTOR Elektro dan Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 13–21, 2016.

N. Pratama and R. Fauzi, “Perancangan Aplikasi Layanan Pekerja Lepas Dengan Framework Laravel Untuk Mewadahi Pekerjaan Lepas Menggunakan Metode Extreme Programming Pada Startup Nganggur.Id,” e-Proceending of Enginering, vol. 7, no. 2, pp. 7181–7188, 2020, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/12737/12460

T. Elektronika and P. G. Tunggal, “Rancang bangun sistem informasi proyek berbasis web,” vol. 2, no. 1, pp. 32–38, 2020.

D. Darmawan and A. Ratnasari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Web Pada PT Seatech Infosys,” vol. 09, no. September, pp. 365–372, 2020.

Elisabet Yunaeti Anggraeni, PENGANTAR SISTEM INFORMASI, Edisi 1. Penerbit Andi, 2017.

A. S. Rosa and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Beorientasi Objek. Informatika Bandung, 2016. doi: pdfcoffee.com_buku-rpl-rosa-as-amp-m-salahuddin-pdf-free.

P. B. Kusumah, P. Eosina, and J. Jaenudin, “Sistem Informasi Monitoring Dan Laporan Proyek Fiberisasi Di Pt. Ekspanindo Prima Multimedia,” Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, vol. 7, no. 1, pp. 50–58, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol7.iss1.2020.496.

D. Diki, R. Wijianto, and I. Maryani, “Sistem Informasi Monitoring Proyek Berbasis Web Pada Desa Somagede Kabupaten Banyumas,” vol. 1, no. 2, pp. 1–13, 2021.

Y. Zurina, P. D. Kusuma, F. T. Elektro, U. Telkom, M. K. Keterlambatan, and K. Api, “MODUL KOMPENSASI KETERLAMBATAN PADA SISTEM TICKETING KERETA API BERBASIS CLOUD DELAY COMPENSATION MODULE ON TRAIN TICKETING,” vol. 5, no. 3, pp. 6218–6226, 2018.

Ph. D. Roger S. Pressman, REKAYASA PERANGKAT LUNAK, Edisi 7. Penerbit Andi, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i2.2569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Zahara Yunita, Erliyan Redy Susanto, Faruk Ulum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.