PENERAPAN METODE SMART SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK PENERIMAAN SISWA BARU (STUDI KASUS: SMP PGRI 2 KATIBUNG LAM-SEL)

Pramudita Rahayu, Suaidah Suaidah

Abstract


SMP PGRI 2 Katibung merupakan salah satu sekolah menengah petama yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, dalam proses penerimaan siswa baru masih dilakukan secara manual yaitu dicatat kedalam formulir pendaftaran sehingga calon siswa terkadang merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi pendaftaran dan melakukan proses pendaftaran dikarnakan kehabisan formulir pendaftaran. Begitupun dalam proses administrasi penerimaan siswa baru cenderung lambat, karena data atau syarat yang dibawa oleh calon siswa yang mendaftar belum lengkap. Serta masih menggunakan berkas formulir pendaftaran dalam bentuk fisik sehingga mudah mengalami kerusakan dan kehilangan formulir. Penelitian ini menggunakan metode Extreme Programming dan akan diimplementasikan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Sistem ini akan diuji menggunakan ISO 25010. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pendukung keputusan untuk menyeleksi penerimaan siswa. Hasil penelitian yaitu sistem pendukung keputusan dikarenakan dapat membantu dan mendukung sekolah dalam melakukan penyeleksian secara tepat. Sistem yang dibangun untuk penerimaan siswa menggunakan metode SMART sebagai model untuk menentukan nilai setiap alternative dengan atribut nilai ijazah, prestasi, pendapatan orang tua dan kepribadian. Sistem penerimaan siswa baru ini dapat melakukan seleksi siswa secara otomatis dengan kriteria yang diinginkan oleh sekolah. Hasil pengujian ISO 2010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 3 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 86.33%.

 

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Penerimaan Siswa, SMART, Extreme Programming, ISO 25010


Full Text:

PDF

References


Ismail, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Algoritma Smart Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Soppeng,” J. Ilm. Sist. Inf. Dan Tek. Inform., Vol. 2, No. April, Pp. 26–34, 2019.

A. S. Zain, E. M. Sari, And M. Arif, “Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Di Sma 1 Annuqayah Sumenep,” J. Ilm. Edutic, Vol. 4, No. 2, Pp. 53– 62, 2018.

P. Issn, Y. P. K. Kelen, And S. S. Manek, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Sepeda Motor Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) Pada Pt . Nss Cabang Kefamenanu,” Vol. 5, No. 2, Pp. 1–7, 2019.

Y. Irawan And R. Wahyuni, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Di Smk Negeri 1 Tapung Hulu Menggunakan Metode Simple Multi Attribut Rating Technique (Smart),” J. Inf. Syst. Informatics Eng., Vol. 3, No. 1, Pp. 25–31, 2019.

N. Salim And A. Nugroho, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Kinerja Pegawai Di Rsud Nganjuk Menggunakan Metode Smart (Simple Multi Attribute Rating Technique),” Pp. 1–8,

C. Vikasari, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Direktur Politeknik Negeri Cilacap,”

J. Edukasi Dan Penelit. Inf., Vol. 4, No. 2, P. 199, 2018.

H. Iqbal, “An Approach For Analyzing Iso / Iec 25010 Product Quality Support,” Requir. Based Fuzzy Log. Likert Scale Decis. Syst., Vol. 7, No. 12, Pp. 245–260, 2016.

A. Supriyatna, “Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja,” J. Tek. Inform., Vol. 11, No. 1, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i3.1916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pramudita Rahayu, Heni Sulistiani, Suaidah -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.