Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Berbasis Web (Studi Kasus: PT Sembilan Hakim Nusantara)

Andre Wijaya, nirwana hendrastuty, Damayanti Damayanti, M. Ghufroni An'ars

Abstract


Sistem informasi merupakan suatu aspek yang penting dan diperlukan bagi suatu perusahaan dan organisasi, perkembangan teknologi yang saat ini berkembang dengan pesat, membuat perusahaan dituntut untuk menerapkan teknologi dan sistem. PT Sembilan Hakim Nusantara (SEHAN) adalah perusahaan pelaksanaan konstruksi dan badan usaha berpengalaman yang mengerjakan proyek nasional. Saat ini PT Sembilan Hakim Nusantara belum melakukan pencatatan terkait dengan gaji, pengeluaran, pembelian maupun kegiatan operasional secara digitalisasi. Oleh karena itu penulis merancang sistem informasi manajemen kepegawayan berbasis web. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL dengan waterfall sebagai metode pengembangan sistem. pengujian sistem menggunakan blackbox Testing dengan teknik equivalance partitions. Hasil pengujian menggunakan blackbox seluruh fungsi berjalan atau berhasil di gunakan tanpa ada error, sehingga fungsionalitas sistem secara menyeluruh dapat berkerja dengan baik dan dapat digunakan.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Gaji, Pengeluaran, Operasional


Full Text:

PDF

References


B. S. Sulastio, H. Anggono, and A. D. Putra, “Sistem Informasi Geografis Untuk Menentukan Lokasi Rawan Macet Di Jam Kerja Pada Kota Bandarlampung Pada Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 104–111, 2021.

F. Fitriyana and A. Sucipto, “Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada Pt Erlangga Mahameru,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 105–110, 2020.

Bahar, M. et al. (2021) ‘Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Berbasis Web Pada Universitas Negeri Makassar’, 02(May), pp. 1–6.

Madeira, C. R. (2017) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Web’, (8.5.2017).

A.S, R. and Shalahuddin, M. (2018) Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.Blanco, J. and Upton, D. (2009) CodeIgniter 1.7. Birmingham: Packt Publishing Ltd.

Brata, D. W. and Whidyanto, B. (2017) ‘Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Gaji Bonus Karyawan Pada Restoran KL Express Dengan Metode TOPSIS’, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 11(1), p. 101. doi: 10.32815/jitika.v11i1.59.

Nurul, A. (2017) ‘Sistem Informasi Penjualan Tas Berbasis Web Dengan Pemodelan Uml’, iv.

Sutabri, T. (2012) Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Ofset.

Raharjo, B. (2011) Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Cet. I Des. Bandung: Informatika Bandung.

Sinulingga, A. R. et al. (2020) ‘Pengujian Black Box pada Sistem Aplikasi Informasi Data Kinerja Menggunakan Teknik Equivalence Partitions’, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 3(1), p. 9. doi: 10.32493/jtsi.v3i1.4303.

Suehring, S. (1991) MySQL Bible.

Susanto, R. and Andriana, D. A. (2016) ‘Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi’, Therapie der Gegenwart, 14(1).

Zairen, D. and Anggit, D. H. (2013) ‘Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Pada Badan Kepegawaian Pendahuluan Landasan Teori Analisis’, jurnal Ilmiah DASI, 14(04), pp. 11–14.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i1.1867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 nirwana hendrastuty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.