SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN ONLINE UNTUK SUPPLIER KAYU LOG (BULAT) PADA PT KARYA PRIMA SENTOSA ABADI BERBASIS WEB MOBILE

Meitrinova Y.S, Slamet Samsugi, Slamet Samsugi

Abstract


Sistem informasi pendaftaran online untuk supplier kayu dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dalam hal pelayanan terhadap penerimaan bahan baku kayu. PT KARYA PRIMA SENTOSA ABADI selama ini mempunyai sistem informasi yang masih dalam bentuk manual sehingga menyulitkan dan memperlambat dalam proses penambahan, perubahan maupun penghapusan data khususnya data supplier. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk mengembangkan aplikasi sistem informasi pendaftaran online untuk supplier. Tujuan dari sistem informasi ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada admin perusahaan dan juga supplier dalam melakukan pemanipulasian data supplier dan menginformasikannya guna memberikan efesiensi dalam pelayanan. Langkah-langkah yang dilakukan dalam hal ini adalah analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, dan pengujian sistem. Dalam implementasi ini digunakan bahasa pemrograman PHP, Framework Laravel dan sebagai databasenya digunakan MySQL. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal yaitu : Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk menangani proses pengisian data, perubahan data, penghapusan dan pencarian data supplier, sistem ini juga dapat memberikan laporan cetak surat keterangan.

Kata Kunci: Sistem Informasi, PHP, MySQL , Laravel


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto, MH., 2005.’Analisis dan Desain Sistem Informasi’, Andi Offised, Yogyakarta.

W. Alakel, I. Ahmad, and E. B. Santoso, “Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Obat Metode First In First Out (Studi Kasus: Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung),” J. Tekno Kompak, 2019.

A. Amarudin and S. Silviana, “Sistem Informasi Pemasangan Listrik Baru Berbasis Web Pada PT Chaputra Buana Madani Bandar Jaya Lampung Tengah,” J. Tekno Kompak, vol. 12, no. 1, pp. 10–14, 2018.

D. Damayanti and M. Y. Hernandez, “Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Kpri Andan Jejama Kabupaten Pesawaran,” J. Tekno Kompak, vol. 12, no. 2, pp. 57–61, 2018.

[2] L. Ariyanti, M. N. D. Satria, and D. Alita, “Sistem Informasi Akademik Dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 90–96, 2020.

[3] A. Wantoro, “Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Penerima Dana Zakat, Infaq Dan Sedekah,” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 2, pp. 31–34, 2019.

D. A. Megawaty, “Sistem Monitoring Kegiatan Akademik Siswa Menggunakan Website,” J. Tekno Kompak, Vol. 14, No. 2, Pp. 98–101, 2020.

S. Ahdan, A. R. Putri, and A. Sucipto, “Aplikasi M-Learning sebagai Media Pembelajaran Conversation pada Homey English,” Sist. J. Sist. Inf., vol. 9, no. 3, pp. 493–509, 2020.

A. M. S. Huda and Y. Fernando, “E–TICKETING PENJUALAN TIKET EVENT MUSIK DI WILAYAH LAMPUNG PADA KARCISMU MENGGUNAKAN LIBRARY REACTJS,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 96–103, 2021.

P. D. A. Wiguna, I. P. A. Swastika, and I. P. Satwika, “Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System dengan Menggunakan Framework React Native,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 149–159, 2019, doi: 10.25077/teknosi.v4i3.2018.149-159.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i2.1787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Meitrinova Y.S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.