SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TUNJANGAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARKI PROCESS PADA PT MUTIARA FERINDO INTERNUSA

Giyanti Lestari

Abstract


PT Mutiara Ferindo Internusa yang beralamat di Jl. Yos Sudarso No. 88 J, Garuntang Bandar Lampung. PT Mutiara Ferindo Internusa merupakan anak perusahaan dari PT Atosim Lampung Pelayaran. Bidang Pekerjaan PT. Mutiara Ferindo Internusa adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi kapal penumpang dan kargo. PT. Mutiara Ferindo Internusa memiliki jalur Panjang-Tj Priok ada 8 kapal, Bakauheni-Merak 4 kapal, Jakarta 3 kapal, dan penambahan 3 kapal untuk melayani Short Sea Shipping. Di PT. Mutiara Ferindo Internusa belum memiliki sistem penilaian kinerja karyawan, salah satunya adalah pemberian imbalan kerja. Proses pemberian imbalan kerja tidak berdasarkan penilaian, tetapi rekomendasi dari atasan tidak dilihat dari pengerjaan atau lama kerja, sehingga belum optimal dalam pelaksanaannya karena dalam keputusan pemberian tunjangan pegawai yang masih atasan dan hanya langsung menyeleksi pegawai tanpa ada penilaian, maka resiko kecemburuan sosial semakin besar. antar karyawan. Oleh karena itu, diperlukan sistem penilaian imbalan kerja yang dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan terkait kinerja karyawan.

Solusi dari permasalahan yang ada di PT. Mutiara Ferindo Internusa, dalam penelitian ini akan dikembangkan dengan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan pemberian tunjangan karyawan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang nantinya dapat mendukung dalam menentukan pemberian tunjangan kepada karyawan dalam konsep hirarki yang dapat menggambarkan permasalahan multifaktor , sehingga masalah akan diatur. lebih sistematis dan terstruktur. Kriteria yang digunakan dalam memberikan imbalan kerja adalah kehadiran, perilaku, lama kerja, dan jumlah tanggungan.

Kata Kunci : Sistem Pemberian Bonus, Metode AHP, Sistem Informasi Manajemen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.1117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Giyanti Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
E : jtsi@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.