MINAT SISWA KELAS VII DAN VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP NEGERI 15 MESUJI

Gede Yogi Saputra

Abstract


Penelitian ini berujuan untuk mengetahui seberapa minat siswa kelas VII dan VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 15 Mesuji. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 15 Mesuji yang berjumlah 160 siswa dan Sampel dari penelitian ini adalah 40 analisis data deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas VII dan VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji berada dalam kategori “ rendah” sebesar 37,5% (15 siswa), “sedang” 25% (10 siswa), “tinggi” 22,5% (9 siswa), “sangat tinggi 10% (4 siswa), “sangat rendah 5%(2 siswa). Dari faktor Instrinsik terdapat hasil yaitu dengan kategori “rendah” sebesar 40% (16 siswa), “sedang” 27,5% (11 siswa), “tinggi” 27,5% (11 siswa), “sangat tinggi 2,5% (1 siswa), “sangat rendah 2,5% (1 siswa). Sedangkan untuk faktor exstrinsik terdapat hasil di kategori “rendah sebesar 45% (18 siswa), “tinggi” 25% (10 siswa), “sedang” 17,5% (7 siswa), “sangat tinggi 10% (4 siswa), “sangat rendah 2,5% (1 siswa).

Full Text:

PDF

References


Aguss, Rachmi Marsheilla, and Eko Bagus Fahrizqi. "Analisis Tingkat Kepercayaan Diri saat Bertanding Atlet

Pencak Silat Perguruan Satria Sejati." Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 19.2 (2020):

-174.

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Tingkat Kecemasan Seseorang Terhadap Pemberlakuan New

Normal dan Pengetahuan Terhadap Imunitas Tubuh. Sport Science And Education JournaL, 1(2).

Hardiyono, B. (2020). Tingkat kecemasan sebelum bertanding dan percaya diri pada saat bertanding atlet Pelatda

Pengprov FPTI Sumatera Selatan. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 47-54.

Karwono, Heni Mularsih. 2018. Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemamfaatan Sumber Belajar-Ed.1 -Cet. 2.-

Depok: Rajawali Pers.

Mahfud, Bagus. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional

Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science & Education Journal. 1 (1), 31-37

Mudyaharjo Redja. 2012 Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rosdiani, Dini. (2014). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Sudijono, A.(2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Yuliandra, Fahrizqi. (2018). Pengembangan Model Latihan Jump Shot Bola Basket. Journal Of S.P.O.R.T. 2 (1),

-7.




DOI: https://doi.org/10.33365/joupe.v4i1.796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.