PENGARUH PLYOMETRIC TRAINING TERHADAP PENINGKATAN SMASH EKSTRAKULIKULER BOLA VOLI SMAN 2 TUMIJAJAR

Turhamun Nazar Am, Arifai Arifai, Imam Mahfud

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Latihan Plyometric Training terhadap peningkatan Smash voli yang disesuaikan dengan karakteristik anak di ekstrakurikuler SMAN 2 Tumijajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dengan menggunakn design penelitian, One Group Pretest – Posttest. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah 22 siswa yang mengikuti eksktrakulikuler futsal di SMAN 2 Tumijajar, dan menggunakan Total Sampling, sampel dalam penelitian ini adalah 22 orang atau siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMAN2 Tumijajar. Dengan latihan yang dilakukan selama satu bulan dengan 16 kali pertemuan, serta variasi latihan yang dikombinasikan dengan teknik dasar permainan bolavoli, untuk menghindari rasa bosan siswa pada saat latihan. Dengan melaksanakan pretest untuk mengetahui data awal siswa dengan menggunakan instrument test (Smash Test), lalu pemberian treatment model latihan kepada kelompok eksperimen, dan melakukan posttest untuk mengetahui hasil akhir apakah ada perubahan yang terjadi setelah pemberian treatment. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, hasil penelitian, dan pembahasan, yaitu: Dari hasil uji t bisa dicermati bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (11,920)

> (2,080) dan nilai signifikan p sebesar (0.000 < 0.05), hasil ini menerangkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest Model Latihan Plyometric Training pada ekstrakurikuler SMAN 2 Tumijajar. Data pretest rata - rata 17,09 sedangkan posttest 20,32 dengan peningkatan 3,2. yang artinya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model latihan Plyometric Training terhadap peningkatan smash bolavoli pada ekstrakurikuler SMAN 2 Tumijajar.


Full Text:

PDF

References


Aguss, R. M., & Yuliandra, R. (2021). The effect of hypnotherapy and mental toughness on concentration when competing for futsal athletes. Medikora, 20(1). 53-64.

Fahrizqi, E. B., Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Olahraga Selama New Normal Pandemi Covid-19. Journal Sport Sciences and Physical Education, 03(83), 53–62.

Kuntjoro, B. F. T. (2020). Rasisme Dalam Olahraga. Jurnal Penjakora, 7(1), 69-77.

Nugroho, R. A., & Gumantan, A. (2020). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Peningkatan Kemampuan Vertical Jump Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket Sman 1 Pagelaran. Sport Science and Education Journal, 1(1), 1-4.

Nugroho, R. A., & Yuliandra, R. (2021). Analisis Kemampuan Power Otot Tungkai Pada Atlet Bolabasket.

Sport Science and Education Journal, 2(1), 34–42.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusmar, A. (2017). Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 143-152.




DOI: https://doi.org/10.33365/joupe.v4i2.4044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.