PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Ayu Kusuma Dewi, Irma Ayuwanti, Astri Setyawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Islam Purbolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment serta menggunakan pendekatan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 46 siswa yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling total.  Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 23 siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis postest menggunakan uji t yang menyatakan bahwa nilai thitung > ttabel, dimana nilai thitung sebesar 2,125 dengan ꭤ =0,05 derajat kebebasan (dk) = 23+23-2 = 44, dan nilai ttabel sebesar 2,015. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasar hasil tersebut maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Islam Purbolinggo.


Full Text:

PDF

References


Adamson, K.A. & Prion, S. (2013). Reliability: measuring internal consistency using cronbach’s a. Clinical Simulation in Nursing, 9 (5), 179-180.

Amin & Susan, L.Y. (2022). Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM.

Asmedy, A. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah: Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1 (2), 69-75.

Baumanns, L., & Rott, B. (2021). Rethinking Problem-Posing Situations: A Review. Investigations in Mathematics Learning, 13(2), 59–76.

Cristi, P. (2018). Pengaruh Possing Problem Berkelompok Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3 (1), 45-53.

Haq, A.N. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Multimedia Berbasis Problem-Based Learning dengan Metode Ceramah pada Konsep Sel (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Indra Jaya. (2013). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 252-257.

Koeswardhani, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing pada Pokok Bahasan Konsep Mol Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014: Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4 (1), 38-43.

Made Tiastra. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Yogyakarta: CV Bintang Semesta Media.

Mardiah Astuti. (2022). Evaluasi Pendidikan. Deepublish Publisher.

M. Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.

Nafis, A.K., & Asiatun, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Pencapaian Kompetensi Pembuatan Rok Suai Pada Mata Pelajaran Busana Wanita Kelas IX Program Keahlian Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi, 8 (1), 1-6.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Robbah, S., dkk. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Program Linear Kelas XII A SMA Darus Sholah Tahun Ajaran 2013/2014. Kadikma, 6 (1), 9-16.

Rohayati, H. (2022). Penerapan Metode Problem Possing pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Mataram Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(9), 1809-1820.

Rostina Sundayana. (2020). Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rusmiyati, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Tugas Problem Possing Secara Berkelompok pada Materi Teorema Phytagoras di Kelas VIII.4 SMP Negeri 2 Batanghari: Jurnal Education of Batanghari, 4 (3), 1-11.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Russ Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syofian Siregar. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.