PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI DORATOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP

Anggi Marianto, Gugun M. Simatupang, Khairul Anwar

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk; 1) mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Doratoon untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP; dan 2) mengetahui kualitas pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Dengan langkah-langkah dari model ADDIE yaitu (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji kelayakan dari ahli materi, ahli media, dan responden (guru dan siswa). Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis video animasi dengan menggunakan aplikasi Doratoon dengan hasil penelitian kualitas instrumen oleh ahli instrumen mendapatkan persentase sebesar 76,2% dengan kategori valid, kualitas  didaktik dan kontruksi oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 76,9% dengan kategori valid dan kualitas teknis oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 79,3% dengan kategori valid, serta diperoleh persentase sebesar 96,54% peserta didik memberikan penilaian baik terhadap media pembelajaran berupa video animasi.


Full Text:

PDF

References


Alwina, A., & Fendrik, M. (2016). Hubungan Minat Belajar dengan hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus 4 Kecamatan lima Puluh Kota Pekan Baru. Jurnal Online Mahasiswa, 3(2); 1-12.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Branch, R. M. (2010). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer USA. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Dewi, K., Indragani, P., Made Astika, I., Asih, A., & Tantri, S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS

Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893-903.

Mujahidawati, dkk. (2022). Pelatihan Pembuatan Film Animasi Menggunakan Aplikasi Toontastic 3D untuk Mendukung Minat Belajar Siswa Smp. Jurnal Pengambdian Kepada Masyarakat, 19(1), 234–250.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akkr, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson, and Tjeerd plomp(Ed). Kluwer Academic Publishes.

Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. In edisi: Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3,2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Ricardo, Meilani R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2(2), 188-201.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. PT. Raja Grafindo Persada

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Nasional Pendidikan FKIP 2(1), 470–477.

Sari, R. K., & Avianty, D. (2023). Pengembangan Media Ajar Berbasis Artificial Intelegence pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), 31-42.

Silaban, A. U (2019). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Splsv dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Tematik. 2(1), 470-477.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suherman, Rahmani, A., Alpiani, (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Panas. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 6(1), 2022. Https://Stkipsetiabudhi.E-Journal.Id/Jpd

Setiyaningsih, S., Busyairi, D. A., & Juli, D. (2020). Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika (Vol. 9, 3). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jlj

Teti Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT. 3(1),171-181.

Yanti, I., Febriyanti, I., Negeri, S., & Khairuddin, B. (2023). Pemanfatan Media Pembelajaran Berbasis Doratoon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(1).




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.