PENERAPAN MEDIA TIC TAC TOE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MATERI PECAHAN

Dopy Rizko Saputra, Fitria Lestari, Noprisa Noprisa

Abstract


Belajar dengan bermain merupakan hal yang efektif untuk membangun minat belajar Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Media Tic Tac Toe dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media Tic Tac Toe terhadap peningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah kuisoner/angket. Data yang telah diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengetahui presentase hasil angket minat belajar. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menerapkan media Tic Tac Toe ternyata mampu meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN 1 Tanjung Baru. Hal tersebut terlihat dari peningkatan tiap indikatornya. Indikator perasaan senang kondisi awal 53,30% menjadi 72,43%. kondisi akhir. Perhatian kondisi awal 58,33%, menjadi 76,92% kondisi akhir. Ketertarikan kondisi awal 61,53% menjadi 82,69% kondisi akhir. Keterlibatan kondisi awal 43,58% menjadi 61,53% kondisi akhir. Peningkatan minat belajar berdampak pada peningkatan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Akbar, R. M., Nuriman, & Agustiningsih. (2014). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV B MI Muhammadiyah Sidorejo Tahun Pelajaran 2013 / 2014 (Increased interest and learning outcomes on basic science subject). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1): 1-5.

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147-153.

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4(1), 80-86.

Ayuningtyas, T.Y., & Wijayaningsih, L. (2021). Efektvitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan Gambar) Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. 5(1), 814-822.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal). 2(2), 52-60.

Devita, D., Hardiyanti, D., Desmayansari, D., Hesti, Lestari, F., Noprisa, & Marhani. (2023). Analysis of Mathematics Learning on Mild Intellectual Disabillities Student in Special School. Proceeding of International Summit on Education, Technology, and Humanity 2021 AIP Conf. Proc. 2727, 020046-1–020046-7; https://doi.org/10.1063/5.0141802 Published by AIP Publishing. 978-0-7354-4530-7/$30.00.

Efendi, D., Noprisa, Devita, D., Annisa, A.M., & Noerhasmalina. (2023). Math Learning Outcomes Students with Numbered Heads Together (NHT). Young Scholar Symposium on Science and Mathematics Education, and Environment. AIP Conf. Proc. 2595, 050025-1–050025-5; https://doi.org/10.1063/5.0123624 Published by AIP Publishing. 978-0-7354-4491-1/$30.00.

Hardianti, D., Lestari, F., Noprisa, Dalman, Dumila, R., Desmayanasari, D., Asyhara, S.A., Syazali, M., & Nurwijaya, S. (2023). Analysis of Mathematical Communication Instruments on The Material of Flat Side Space. Proceeding of International Summit on Education, Technology, and Humanity 2021. AIP Conf. Proc. 2727, 020045-1–020045-8; https://doi.org/10.1063/5.0141522 Published by AIP Publishing. 978-0-7354-4530-7/$30.00.

Hayati, S.N., & Putro, K.Z. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 4(1), 52-64.

Hidayah, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Pola Permainan Tic Tac Toe terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017. Skripsi, (Tulungagung: Institut Agama Islam Tulungagung, 2017).

Kartianom, K., & Retnawati, H. (2018) Why Are Their Mathematical Learning Achievements Differents? Re- Analysis TIMSS 2015 Data In Indonesia, Japan, and Turkey. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. 9(2), 33– 46.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Lestari, E. K, & Mokhammad, R.Y., (2017). Peneltian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, F., Dalman, Noprisa, Efendi, D., Ariyanti, I., Anggara, B., & Umam, R. (2021). The Effectiveness of Math Learning Basen on Multiple Intelligence: Implications at MTs Darul Ma’wa. Proceedings of the 6th Progressive and Fun Education International Conference. AIP Conf. Proc. 2438, 020001-1–020001-6; https://doi.org/10.1063/5.0071296 Published by AIP Publishing. 978-0-7354-4143-9/$30.00.

Manullang, M. (2014). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 21(2), 208-214.

Mangkubumi, N.K. (2016). Permainan Matematika Monopoli Tic Tac Toe Yang Efektif Dalam Mempelajari Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 2(2), 179-198.

Marian, F., & Saputra, D. R. (2023). Etnomatematika pada Menara Siger Lampung Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. JIPMat, 8(2), 191-200.

Ndun, A.P., & Pandong, S.D.T. (2022). Meningkatkan Minat Belajar IPA Melalui Penerapan Media Permainan (Mencongak Ogah). Jurnal media Edukasi dan Pembelajaran. 1(2), 140-146.

Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar. Judikdas Borneo. 1(2).

Pristiwanti, D., dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6).

Riansyah, M., Hardianti, D., & Asyhara, A. S., (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Hipotenusa Jurnal of Research Mathematics Education. 3(1).

Sidik, M.A., Desmayanasari, D., Noprisa, Asyhara, S.A., & Efendi, D. (2022). The Use of Open-Ended Learning Models in Terms of Students’ Mathematical Creative Thingking Ability. Hipotenusa. 5(2): 64-75.

Syaikhudin, A. (2013). Analisis Metode Permainan Sosial Untuk Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Ta’allum. 1(2).

Sumarmo, U. (2017). Hard Skill and Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Utami, W.Y.D. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Permainan Teka-Teki. Jurnal Ilmiah P2TK PAUD NI. 8(1).

Utami, M.W. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tic Tac Toe Berbantuan Media Flash Card Pada Pembelajaran Fisika. Skripsi, (Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2019).

Wahyunni, T., & Febrianta, Y. (2023). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Education Fun (E-Fun) Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Menanamkan PHBS Pada Pembelajaran PJOK di SD N 1 Mewek. Jurnal Adiraga, 9(2), 67-82.

Widyastuti, N. A. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament (TGT) Dengan Permainan Tic Tac Toe Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2017).

Zulfa, K., Muryani, S., & Dewi, N. R. (2023). Penerapan Model Kooperatif Number Head Together berbantuan Classpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang pada Materi Tekanan. In Proceeding Seminar Nasional IPA.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.