LEVEL BERPIKIR GEOMETRI SISWA KELAS IX TENTANG BANGUN DATAR MENGGUNAKAN TEORI VAN HIELE PADA PEMBELAJARAN SINKRONUS ASINKRONUS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Kholifah Falupi, Sardulo Gembong, Sri Tanjung Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan membahas tentang level berpikir geometri siswa menurut teori Van Hiele yang memperoleh pembelajaran sinkronus asinkronus ditinjau dari gaya kognitif. Data didapatkan dari hasil pengerjaan tes GEFT, tes tulis dan wawancara siswa kelas IX di SMP Negeri 6 Madiun. Siswa diklasifikasikan berdasarkan gaya kognitif, kemudian diklasifikasikan kembali berdasarkan tes tulis hasil tes tulis kemudian diambil sampel tiap gaya kognitif dan tiap level untuk diwawancarai guna mengetahui kemampuan berpikir tiap level. Terdapat 3% level tertinggi yang dicapai siswa yaitu level analisis, 3% siswa berada pada level visualisasi dan 94% siswa berada pada level pravisualisasi. Siswa yang berada pada level pravisualisasi belum mampu mengidentifikasi bangun berdasarkan bentuk visualnya. Siswa pada level visualisasi mampu memahami sifat dari suatu bangun datar akan tetapi belum mampu menggunakan sifat tersebut untuk menganalisis suatu bangun. Siswa yang berada di level analisis memahami sifat dari suatu bangun datar dan mampu menggunakan sifat untuk menganalisis suatu bangun akan tetapi belum mampu menyimpulkan kebenaran suatu pernyataan.


Full Text:

PDF

References


Ainiyah, L. A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dalam Materi Geometri pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Punggelan. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.

Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 7(2), 267–279. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.2898

Fardani, Z., & Surya, E. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk membangun karakter bangsa. Jurnal Pendidikan, 2(2), 1–7.

Fitriyani, H., Widodo, S. A., & Hendroanto, A. (2018). Students’ Geometric Thinking Based on Van Hiele’S Theory. Infinity Journal, 7(1), 55. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p55-60

Haviger, J., & Vojkůvková, I. (2015). The van Hiele Levels at Czech Secondary Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 912–918. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.209

Izzaturahman, A. (2022). Level Berpikir Geometri Siswa Kelas VIII Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. 8.5.2017, 2003–2005.

Juniarti, N. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Soalcerita Materi Kesebangunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas Ix Smp Negeri2 Tawangsari Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) SOLUSI, 1(1), 99–116.

Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99. https://ejournal.iainkendari.ac.id

Novita, S., Santosa, S., & Rinanto, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning The Comparison of Student Analitycal Thinking Between the Implementation of Cooperative Learning and Guided Discovery Learning Model. 13(1), 359–367.

Nur, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. 16(2), 1–6.

Nuraini, L., Nur’aeni L, E., & Ganda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 395–403. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35348

OECD. (2022). Annex B1: Results for countries and economies. PISA 2022Results (Volume I): Excellence and Equity in Education, I(Volume I), 420–441. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2015-results-volume-i_9789264266490-en

Puspitaningrum, H., & Sari, C. K. (2022). Berpikir Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/98753

Reta, K. I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Pengaruh Model Pembelajaranberbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa, 2, 1–17. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/403

Setiawan, Y. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menilai Kebenaran Suatu Pernyataan. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 13–31. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14495

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Simanjuntak, J., Pd, S., Simangunsong, M. I., Pd, S., Pd, S., Naibaho, T., & Pd, M. (2021). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi. 02(02), 32–39.

Sofi. (2019). Proses Berpikir Literasi Siswa SMA dalam menyelesaikan Soal PISA Konten Shape and Space Ditinjau dari Level Berpikir Van Hiele. Digital Repository Universitas Jember.

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. 8(1), 106–116.

Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Konseling GUSJIGANG, 1(2).

Usiskin. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry.

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. 7(2), 132–147.

Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Makalah Seminar Nasional Sains Dengan Tema Pascasarjana Unesa, Vol. 16.(June).




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.