ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SD 1 BARONGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan belajar matematika yang terjadi di kelas 2 SD 1 Barongan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika di SD 1 Barongan khususnya di kelas 2A. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 2A SD 1 Barongan dengan subjek 3 peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Kesulitan belajar matematika yang terjadi di SD 1 Barongan yaitu kesulitan dalam memahami konsep materi dan kesulitan dalam penyebutan bilangan. 2) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika yaitu kesehatan tubuh, cacat tubuh, kecerdasan, minat dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar yaitu penggunaan media pembelajaran dan suasana kelas.
Full Text:
PDFReferences
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Ermawati, D., & Amalia, N. (2023). The Effect Or Mat Joyo Application On Students’understanding Of Mathematical Concepts Fifth Grade Elementary School. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 9(1), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v9i1.19523
Ermawati, D., Khurriyati, A. L., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028–1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497
Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045
Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723
Kaharuddin. (2021). Sosiologi. Sosiologi, Prodi Pendidikan Makassar, Universitas Muhammadiyah, IX(April), 1–8.
Moleong, L. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 21(2), 215–225. https://doi.org/10.30596/jrab.v21i2.7682
Ovartadara, M., Nabar, D., & Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1888–1895. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.492
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2278
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Wahyuni, Y. (2021). Analisis motivasi belajar matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 52–59. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.6022
DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4910
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.