ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SD 1 BARONGAN

Aryanti Nurul Fitriya, Dwi Aprilia Indriani, Faradilla Setiani, Rysma Pujianti, Diana Ermawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan belajar matematika yang terjadi di kelas 2 SD 1 Barongan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika di SD 1 Barongan khususnya di kelas 2A. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 2A SD 1 Barongan dengan subjek 3 peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Kesulitan belajar matematika yang terjadi di SD 1 Barongan yaitu kesulitan dalam memahami konsep materi dan kesulitan dalam penyebutan bilangan. 2) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika yaitu kesehatan tubuh, cacat tubuh, kecerdasan, minat dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar yaitu penggunaan media pembelajaran dan suasana kelas.


Full Text:

PDF

References


Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414

Ermawati, D., & Amalia, N. (2023). The Effect Or Mat Joyo Application On Students’understanding Of Mathematical Concepts Fifth Grade Elementary School. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 9(1), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v9i1.19523

Ermawati, D., Khurriyati, A. L., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028–1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497

Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045

Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723

Kaharuddin. (2021). Sosiologi. Sosiologi, Prodi Pendidikan Makassar, Universitas Muhammadiyah, IX(April), 1–8.

Moleong, L. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 21(2), 215–225. https://doi.org/10.30596/jrab.v21i2.7682

Ovartadara, M., Nabar, D., & Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1888–1895. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.492

Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845

Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2278

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Wahyuni, Y. (2021). Analisis motivasi belajar matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 52–59. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.6022




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.