PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PJBL BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Endang Fitriana, Yelli Ramalisa, Feri Tiona Pasaribu

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan E-modul Berbasis PJBL dengan berbantuan video animasi dan mengetahui kualitas E-modul Berbasis PJBL dengan berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14 Kota Jambi pada kelas VII H. Objek yang menjadi pusat dalam penelitian ini yaitu E-modul Berbasis PJBL dengan berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes kemampuan berpikir kreatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa E-modul yang didesain menggunakan aplikasi Canva, isi materi perbandingan senilai dan berbalik nilai pada e-modul berbasis tahapan Project Based Learning (PjBL) yaitu menentukan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal proyek, memonitor siswa dan kemajuan proyek, menguji hasil, dan mengevaluasi pengalaman. Selain itu didalamnya juga mengandung tahapan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri dari kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), orisinalitas (originality) dan detail (elaboration). E-modul yang didesain termasuk dalam kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi tim ahli dari segi materi yaitu 87% (sangat valid) dan dari segi desain adalah 88% (sangat valid). Hasil angket kepraktisan oleh guru adalah 86% (sangat praktis) dan kepraktisan peserta didik adalah 87% (sangat praktis). Dan hasil angket respons keefektifan e-modul oleh peserta didik sebesar 85% (sangat efektif).


Full Text:

PDF

References


Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pemikiran pendidikan Paulo Freire. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162-172.

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60.

Branch, R. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Hidajat, F. A. (2022). Buku Ajar Pengembangan Berpikir Tingkat Tinggi dan Berpikir Kreatif Matematis. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=YeStEAAAQBAJ

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.

Kurniawan, C., Kuswandi, D., & Anam, S. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Academia Publication. https://books.google.co.id/books?id=RfgvEAAAQBAJ.

Kurniawan, S., Suryaningsih, Y., & Gaffar, A. A. (2019, October). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 622-629).

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran missouri mathematics project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Mustika, J. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Project Based Learning (PjBL) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3573. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5929

Nadeak, C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Himpunan 1. 3.

Putri, R. D. R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Husna, E. N., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449-459.

Rizki Radika Dalimunthe. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual dan Nilai Keislaman Pada Materi Transformasi Geometri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Rusdi, M. (2019). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep,Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). PT Rajawali Grafindo Persada.

Saidah, I., Dwijanto, D., & Iwan, J. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 1042-1045).

Sari, R. K. (2023). Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 11-19.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.