ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN LANGKAH POLYA PERTAMA

Dikri Muhamad Sopiyuloh, Badar Raksa Alam, Hadat Adi Purwa, Tatang Herman, Aan Hasanah

Abstract


Kemampuan pemahaman konsep matematis sangatlah penting karena menjadi landasan berfikir dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Menguraikan kesulitan bertujuan untuk mempermudah memahami masalah yang terjadi sehingga rincian informasi bisa diperoleh secara mendalam. Teorema Pythagoras adalah salah satu konsep matematis yang sangat berguna dalam menyelesaikan permasalah geometri dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesulitan yang dihadapi siswa saat menjawab soal pemecahan masalah berbentuk cerita dalam konteks materi teorema pythagoras. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, yang dimaksudkan untuk merinci informasi yang diperoleh secara terperinci dan mendalam. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di Madrasaha Tsanawiyah Swasta yang ada di Kota Bandung dengan sampel satu kelas dari keseluruhan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan melibatkan tes dan observasi. Dari hasil penelitian dan analisis jawaban siswa, terungkap bahwa mereka mengalami kesulitan yang sebagian besar berada pada tingkat sedang hingga tinggi. Hambatan utama yang dihadapi siswa terletak pada tahap pelaksanaan prosedur matematika. Hal ini tercermin dalam kesulitan siswa dalam menentukan langkah pertama yang harus mereka lakukan. Sebagian siswa juga menghadapi kesulitan dalam mentransformasikan masalah menjadi model matematika dan kesulitan dalam pemahaman terhadap masalah.


Full Text:

PDF

References


Abdiyani, S. S., Khabibah, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Jogoroto Berdasarkan Langkah-langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 123–134.

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.774

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo: IAIN Palopo

Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve student mathematical reasoning ability with openended approach using VBA for powerpoint. AIP Conference Proceedings, 2014(1), 20013.

Jamaris, M. (2015). Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia

Kholil, M. (2018). “Implementasi Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Pokok Bahasan Logika Matematika,” LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2018): 15–25.

Kholil, M & Safianti, O. (2019). “Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan Dan Deret,” Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 2 (November 25, 2019): 89–98, doi:10.31537/laplace.v2i2.246

OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries. OCED

Polya, G. (1957). How to solve it (Second). Princeton University Press.

Pratiwi, I. (2019). Efek program pisa terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis kesalahan siswa kelas IX - G di SMP Negeri 3 Cimahi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 305–312. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.305-312




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.