PENGEMBANGAN MEDIA CONGKLAK BALI PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dilla Maryam Sholihah, Dwi Rahayu, Mega Setya Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media congklak Bali pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian untuk siswa kelas IV SD X. Penelitian ini juga dilakukan untuk menilai media congklak Bali berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan) dengan model pengembangan 4-D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD X. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini, yaitu dengan metode angket atau kuesioner sehingga instrumen yang diperlukan adalah angket dan kuesioner. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian oleh ahli materi mendapatkan skor dengan persentase 84,45% kategori Sangat Layak, oleh ahli media mendapatkan skor persentase 86,32% kategori Sangat Layak, oleh guru mendapatkan skor persentase 92,31% kategori Sangat Layak dan oleh peserta didik mendapatkan skor persentase 80,59% kategori Layak. Media pembelajaran Congklak Bali yang telah melalui proses pengembangan dan pengujian telah dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Matematika Materi Pembagian dan Perkalian untuk kelas IV sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Al-Husna, C., & Mujib, A. (2020). Menemukan Pola Perkalian Dengan Angka 9. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(1), 55-70.

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. In Forum Pedagogik (Vol. 6, No. 01).

Anggraeni, R. D., & Kustijono, R. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 3(1), 11-18.

Budiman, I. A., Haryanti, Y. D., & Azzahrah, A. (2021, September). Pentingnya Media Aplikasi Android Menggunakan Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 144-150).

Chabib, M., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas Pengembangan Media Permainan Ular Tangga sebagai Sarana Belajar Tematik SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 910-918.

Deswita, H., Setyono, T., & Afri, L. E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian.

Diyah, A., Aysah, E. I. N., Fadhilla, F. N., & Serly, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Konsep dalam Penyelesaian Soal Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Leibniz: Jurnal Matematika, 1(2), 39-53.

Djafar. (2018). Pembelajaran matematika sekolah dasar. Bandung: Yayasan Nuansa Cendia

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Kasmir, K. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Di Kelas VIII-1 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal pendidikan dan pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 340-350.

Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy, 5(2), 226-235.

Krismasari, E. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Aljabar untuk SMP/MTs Dengan Menyisipkan 70 Nilai Sikap. Tugas Akhir, Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Ponorogo.

Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Journal on Teacher Education, 4(1), 54-61.

Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512-519.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50.

Muslimin, M., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2012). Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 100-112.

Nasaruddin, N. (2013). Karakteristik dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika di Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63-76.

Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 131-149.

Permadi, A. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web dengan Pemanfaatan Video Conference Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 1-10.

Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37-41.

Rezki, R. U. Y. O., Utami, R. D., & Merdekawati, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Pembagian dengan Menggunakan Media Dakon pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Empiris: Journal of Progressive Science and Mathematics, 1(2), 49-61.

Rivai, N. S. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237-244.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Susilana, R & Riyana, C. (2011). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Trisnani, N., & Sari, E. F. (2021). Keefektifan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Dakon Terhadap Hasil Belajar Perkalian. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 173-178.

Umma, Z. A. P., & Prasetya, S. P. (2018). Pengembangan Media Paludarium Pada Materi Ekosistem Hutan Hujan Tropis Mata Kuliah Ekologi Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Swara Bhumi, 5(8), 1-3.

Unaenah, E., Sartika, D., Syurgaini, J., & Ramadanti, S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Operasi Hitung Pembagian dan Perkalian pada Bilangan Bulat. ARZUSIN, 2(4), 294-310.

Nurjannah, A., Marpaung, L. N. E., Harahap, S. L. F., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Flipbook untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 421-428.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.