PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS AKM PADA MATERI PERBANDINGAN MENGGUNAKAN SCAN QR

Aprilia Dwi Lestari, Rina Wijayanti, Lis Susilawati, Rochsun Rochsun

Abstract


Pengembangan media pembelajaran flashcard berbasis AKM pada materi perbandingan kelas 7 MTs Al Amin Poncokusumo berawal dari pengamatan peneliti tentang belum adanya media pembelajaran yang efektif dan digunakan selain LKS oleh guru di sekolah. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian berjenis Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan menggunakan langkah pengembangan Borg & Gall (B&G) yang memiliki 10 langkah, namun pada penelitian ini disederhanakan menjadi 7 langkah yang meliputi: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi, 2) Perencanaan produk, 3) Pengembangan produk awal, 4) Uji coba lapangan awal, 5) Revisi produk hasil uji coba 1, 6) Uji coba lapangan akhir, 7) Tahap akhir. Setelah melakukan observasi dan mengumpulkan informasi sesuai langkah 1 lalu dilakukan perencanaan dan pengembangan media diperolehlah validasi dari ahli media dan validasi dari ahli materi secara keseluruhan dengan keterangan Sangat Layak untuk di uji cobakan dengan sedikit perbaikan. Hasil validasi selanjutnya dari pengguna (siswa) secara keseluruhan mendapatkan skor 3,791 dengan keterangan Layak digunakan dan juga rata-rata nilai tes setelah penelitian adalah 90 atau dengan kata lain lebih dari nilai KKM yaitu ≥ 75. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah membantu siswa dan guru dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dalam mata pelajaran matematika khususnya bab perbandingan. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran flashcard berbasis AKM diharapkan dapat menunjang pembelajaran matematika di sekolah pada khususnya dan di luar sekolah pada umumnya. Media yang telah dikembangkan dapat digunakan siswa dalam pembelajaran secara mandiri maupun berkelompok Media ini tidak terbatas untuk materi perbandingan saja namun juga dapat dikembangkan pada materi-materi pembelajaran lainnya. Jika produk serupa akan dikembangkan maka sebaiknya pengembang memperhitungkan segalanya terutama waktu dalam proses pengerjaan medianya.


Full Text:

PDF

References


ArsyadAzhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

C. U. Press. (2018). Cambridge Advanced Learners Dictionary, Cambridge University Press.

Diana, M. (2013). Pengembangan Media Flash Card Berbasis Multimedia Pada Materi Bangun Datar Di Kelas 4 SDN Sukoharjo 1 Malang. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Fatimah, S. (2014). Pengembangan Media Flash Card dalam Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas II Di MI Maarif Sendang Kulon Progo. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Herman, Hudojo. (1979). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2022) https://kbbi.web.id/kembang

Laria, Kartika. (2008). Kajian Pustaka: Media Pembelajaran.

Mahmudi, Ali. Pengembangan Pembelajaran Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY

Marhaeni, A. A. I. N. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). WEBINAR Universitas Pendidikan Ganesha.

https://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/pengabdian/Pengembangan+Pemb+Matematika_1.pdf

Mustikaningsih, (2017). Pengembangan Media Flash Card Pada Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Di Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Nindiana, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Grafis Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiya. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Permendikbud. (2016). Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, N. (2017). Asesmen Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.