ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI LEVEL KOGNITIF

Ratna Amalia Taqwani, Nani Ratnaningsih, Diar Veni Rahayu

Abstract


Kecakapan abad ke-21 menuntut siswa untuk dapat mengikuti perkembangan zaman yang penuh tantangan. Salah satu persyaratan untuk mewujudkan kecakapan abad ke-21 adalah kemampuan numerasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dimana metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan numerasi matematis berdasarkan level kognitif siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X ULP SMK Negeri 1 Padaherang terdiri dari 30 orang siswa yang telah menerima materi SPLTV. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: tahap pelaksanaan, tahap persiapan dan tahap akhir. Instrument dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa yang memiliki level kognitif tinggi telah mampu mencapai seluruh indikator numerasi matematis yaitu menganalisis informasi dalam berbagai bentuk, menggunakan angka dan simbol, dan menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan, 2) Siswa yang memiliki level kognitif sedang hanya mampu mencapai satu indikator numerasi matematis yaitu menganalisis informasi dalam berbagai bentuk, 3) Siswa yang memiliki level kognitif rendah tidak  mencapai satu pun indikator numerasi matematis.


Full Text:

PDF

References


Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematik dalam Mengerjakan Soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 247-253.

GLN, T. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Didactical Mathematics, 3(2), 84-91.

Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. (pp. 1–125).

Kevin A. Artuz, J., & B. Roble, D. (2021). Developing Students’ Critical Thinking Skills in Mathematics Using Online-Process Oriented Guided Inquiry Learning (O-POGIL). American Journal of Educational Research, 9(7), 404–409. https://doi.org/10.12691/education-9-7-2.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.

Mala, A. N., & Setyaningsih, N. (2023). Analisis Berpikir Probabilistik dalam Menyelesaikan Soal HOTS ditinjau dari Kemampuan Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1827-1839.

Masitoh, T. (2019). Proses Berpikir Probabilistik Peserta Didik dalam Menyelesaikan Permasalahan Probabilitas. Universitas Siliwangi: Skripsi

Mustagfiroh. (2020). Memanfaatkan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Mendesain Multimodal Learning. Jurnal Guru Inovatif. 2. 1. 48-62 Prosiding seminar Matematika Indonesia.

Mustofa, Z. (2020). Kompetensi Numerasi Siswa SMK ditinjau dari Gender dan Berbagai Kesulitannya. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 227-237.

Napsiyah, N. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP N 02 Seponti. Doctoral Dissertation, IKIP PGRI Pontianak.

Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 103-117.

Panglipur, I. R., & Febriansyah, M. A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa dalam Kemampuan Numerasi Pada Bangun Ruang. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 283-291.

Sanvi, A. H., & Diana, H. A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi pada Materi Matriks ditinjau Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129-145.

Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa, 11(3), 837-849.

Sri, W. (2017). Ideal Mathedu of Mathematics and Education. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(5), 285–295.

Susanti, S. A., Budiarto, M. T., & Setianingsih, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Numerasi Siswa Berdasarkan Tingkat Kecemasan Matematis. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(1), 18-32.

Tresnasih, I., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2022). Analisis Numerasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM. Prisma, 11(2), 478-486.

Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi. 5, 566–575.

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020, February). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 626-633).

Wahyuddin, W., Nur, M. A., & Satriani, S. (2022). Pengaruh Cognitive Skills terhadap Hasil Belajar Matematika Secara Daring. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 5(1), 1-13.

Wardani, A. K., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Level 5 untuk Program Pengayaan SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1438

Yasin, M., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Bentuk Numerasi Pada Konten Matematika SMK. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2), 694-699.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.