ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT MELALUI ASESMEN MIND MAP

Arsyiyatul Alawiyah, Khomsatun Ni'mah

Abstract


Penilaian adalah salah satu dimensi paling penting dalam proses pendidikan. Fokusnya tidak hanya pada identifikasi berapa banyak tujuan dan sasaran pendidikan yang telah ditetapkan tercapai, namun juga berfungsi sebagai mekanisme umpan balik yang harus digunakan pendidik untuk meningkatkan strategi atau metode pembelajaran pendidik di kelas. Salah satu penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peta konsep. Hasil penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman konsep persamaan kuadrat siswa kelas 9 di SMP Plus Persis Panumbangan dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Sebagian besar siswa memiliki kemampuan baik sekali yaitu 8 orang yang berarti sebesar 57,10%. Siswa yang memiliki kemampuan baik sebanyak 4 orang yaitu 28,60%. Sedangkan untuk siswa yang memiliki kemampuan cukup sebanyak 2 orang yaitu 14,30%. Dengan menggunakan mind mapping pada pelajaran matematika ini tidak hanya mempermudah siswa dalam menangkap isi materi pelajaran namun juga membantu guru agar lebih mudah mengetahui pemahaman konsep siswa secara sistematik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan.


Full Text:

PDF

References


Ajat, R. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitatif Research Approach). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Albi, A & Johan, S. (2018). Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99-107.

Carolin, E. (2019). Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas, Yogyakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dayani, N. L. E., Abbas, N., & Ismail, Y. (2021). Mind Mapping Mata Pelajaran Matematika Untuk Kelas Ix Semester Ganjil. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(1), 52-61.

Doni, S. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fuaddah, M. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Penalaran dan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Indonesian Digital Jurnal of mathematics and Education, No.5, Vol. 9.

Ida, B. P. A. Pengembangan Peta Pikiran untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksa, vol.3, No.1, 2017.

Mulyawati, A. T. (2022). Komparasi Penalaran Matematis Berdasarkan Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Problem Solving Pada Siswa Kelas IV di Min 6 Ponorogo (Doctoral dissertation, Iain Ponorogo).

Permendikbud. (2016.) Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Robbi, D & Mike, H. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa Learning.

Sari, R. K. (2023). Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 11-19.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.

Tri, W. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Preatasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MI Baiturrohman Suwaloh Pakel Tulongagung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtadiah Fkultas Tarbyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Zulkardi. (2001). Seminar Sehari Realistic Mathematics Education. Bandung: UPI Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.