KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL SPASIAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kontekstual dan kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian ini adalah eksperimen pada mahasiswa Pendidikan matematika semester VI tahun ajaran 2022/2023. Kelas sampel diambil dari dua kelas yang penentuannya dilakukan dengan teknik simple random. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 mahasiswa yaitu 26 mahasiswa dari kelas eksperimen dan 26 mahasiswa dari kelas kontrol. Data pemecahan masalah matematika diperoleh dengan menggunakan tes uraian dan data kecerdasan visual spasial diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik ANOVA dua arah. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas, uji homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) terdapat pengaruh signifikan kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (3) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran kontekstual dan kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2018). Intuisi dalam Pembelajaran Matematika. Lentera Ilmu Cendekia.
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234
Anggreni, W., Muchlis, E. E., & Yensi B., N. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2).
Didaktik Matematika Novi Trina Sari, J., Trina Sari, N., Ikhsan, M., Kuala, S., & Aceh Hajidin, B. (2014). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Bernuansa Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1). https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/1286
Faik, E., & Nihayah, K. (2021). Analisis Penguasaan Materi Prasyarat Aljabar Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 26–39. https://doi.org/10.53090/JLINEAR.V5I1.127
Haji, S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Kota Bengkulu.
Hakim, A. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Formatif, 4(20), 196–207.
Hidayah, M. (2015). Pengaruh Konsep diri dan Kecemasan Belajar Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika pada Siswa MAN di Jakarta Bara. Jurnal Formatif, 5(3), 268–278.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Lestari, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Gantang, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.31629/JG.V3I2.478
Meutia, N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Smp Pada Materi Garis Dan Sudut Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.33365/JI-MR.V3I1.1435
Mulfi, M. H., & Fahmi, R. (2019). Hubungan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Hasil Belajar Gambar Interior Eksterior Bangunan Gedung Siswa Kelas XII Jurusan TGB di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Cived, 6(1).
Nuraini, A., Ambarwati, R., Dwi Hary Jatmiko, D., Kalimantan, J., & Tegalboto Jember, K. (2022). Analisis Karakteristik Kecerdasan Visual Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Shape and Space Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. Kadikma, 13(1), 88–100. https://doi.org/10.19184/KDMA.V13I1.31637
Pembelajaran, M., Berbasis, K., Lokal, K., Penguatan, S., Karakter, P., & Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/JUPIIS.V10I1.8264
Rahmadona Fitri, W., & Aprison, W. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Math Educa Journal, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.15548/MEJ.V4I1.1173
Rahman, W. Y. (2020). Strategi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 1(1), 42–45. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v1i1.7
Rando, A. R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Implementasi Strategi Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.26740/JP.V1N1.P1-12
Rozalinah, E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Dan Visual-Spasial Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Peserta Didik Kelas IX SMP/MTS Di Kecamatan Panceng. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Setiawan, H., Handayani, T., & Muslimahayati, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Ahliyah 1 Palembang. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 31. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.9231
Taufik, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar. QRO: Journal of Islamic Education, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.