PENGEMBANGAN MEDIA GASPAT (TANGGA SATUAN PANJANG DAN BERAT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 BULU JEPARA

Firda Widya Sari, Muhammad Misbahul Munir

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian reseach and development (R&D) dengan menganut pada model ADDIE yang bertujuan untuk mengembangkan, mendeskripsikan, menguji kelayakan, kepraktisan dan efektivitas suatu produk. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 1 Bulu dengan subjek yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh berdasarkan wawancara, observasi, angket kebutuhan guru dan siswa, angket validasi ahli, serta respon guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil analisis penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran GASPAT (Tangga Satuan Panjang dan Berat) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri 1 Bulu pada materi pengukuran layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran Matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kelayakan media dengan persentase validasi ahli media 92%, ahli materi 88% dan ahli modul 92% dengan kategori semua validasi yakni sangat layak. Kepraktisan dilihat berdasarkan angket respon guru memperoleh persentase sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase angket siswa pada tahap uji coba produk dengan jumlah 10 siswa yakni memperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Selain itu, angket respons siswa pada tahap uji coba pemakaian dengan jumlah 25 siswa memperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Efektivitas media dilakukan berdasarkan dari hasil pretest dan posttest melalui uji hipotesis menggunakan uji T_test (Paired Sample T-test) dengan berbantuan program SPSS, adapun hasil output diketahui Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar Matematika sebelum dan sesudah menggunakan media GASPAT.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, Leon Andretti. et al. 2021. Metode Penelitian Dan Analisis Data Comprehensive. 1st ed. Cirebon: Insania.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Erviana, Vera Yuli, and Muslimah Muslimah. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 11(1): 58–68.

Lestari, Lailatul Wahyu. 2021. “Media Tangga Pintar (Smart Stair) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Satuan Alat Ukur.” Pemerintahan, Pembangunan, dan Inovasi Daerah 3(1): 24–31.

Mahmudah, Umi, Farida Hidayatal Fikroh, and Iain Pekalongan. 2021. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring.”Jurnal Proceeding IAIN Pekalongan : 281–96.

Noviyanti, Noviyanti, and Gading Gamaputra. 2020. “Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif Di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa).” Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial 4(2): 100.

Nurapriani, Fitria, Santi Arum Puspita Lestari, and Dwi Sulistya Kusumaningrum. 2020. “Mathematical Understanding Ability of Information System Students in Discrete Mathematics.” International Journal of Scientific and Technology Research 9(3): 3335–39.

Rabbani, Muhammad Iqra, Asep Jihad, and Juariah. 2022. “Urgensi Media Pembelajaran Terhadap Pembelajaran Matematika Di Sekolah The Urgency of Learning Media on Mathematics Learning in Schools.” Gunung Djati Conference Series 12: 50–54.

Rahmi, Mar’atush Sholichah Muntaha, M. Arif Budiman, and Ari Widyaningrum. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku.” International Journal of Elementary Education 3(2): 178.

Ruqoyyah, S et al. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta: CV.Tre Alea Jacta Pedagogic.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tasya, Nabillah, and Agus Prasetyo Abadi. 2019. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Sesiomedika: 660–62. blob:https://journal.unsika.ac.id/f116ead3-c519-42ff-8b99-6e2d21b22593.

Ulfah, almirah keumala, ramadhan razali, habibur rahman, abd ghofur, umar bukhory, Sri rizqi, wahyuningrum, muhammad yusup, rita inderawati, faqihul muqoddam. 2022. Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset Dan Pengembangan). ed. sri rizqi Wahyuningrum. Madura: IAIN Madura Press.

Unaenah, Een et al. 2020. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pengukuran Panjang Di Kelas Iv.” Jurnal Pendidikan dan Sains 2(1): 83–93. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.