EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK

Muh Fajar Fazriansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kegunaan model pembelajaran Discovery dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, serta untuk mengetahui tingkat efikasi diri siswa selama menggunakan model pembelajaran Discovery dalam pembelajarannya. Penelitian ini menyelidiki hubungan antara kompetensi komunikasi matematika dan efikasi diri siswa dalam pembelajaran matematika, secara khusus berfokus pada penggunaan paradigma pembelajaran penemuan. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas X yang mengikuti program Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Sebanyak 32 siswa Kelas X IPS 3 dipilih sebagai sampel penelitian ini dengan menggunakan prosedur seleksi purposif. Penelitian ini mencakup dua instrumen: tes penilaian komunikasi matematika untuk menilai bakat peserta didik dan kuesioner untuk mengukur efikasi diri peserta didik. Teknik statistik yang digunakan dalam penelitian ini untuk pengolahan dan analisis data meliputi uji-t, asosiasi kontingensi, dan koefisien kontingensi. Temuan dari hasil pengolahan dan analisis data terhadap kemampuan komunikasi matematika dan efikasi diri siswa menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Penerapan model pembelajaran penemuan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika. (2) Proses pembelajaran yang difasilitasi dengan model Discovery Learning menghasilkan siswa memiliki tingkat self eficacy yang sedang. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan komunikasi matematika dan self eficacy siswa ketika belajar matematika melalui model Discovery Learning.

 


Full Text:

PDF

References


Adjie, W. D., & Nurmala, R. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Probing Prompting Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 2(1), 33-40. https://doi.org/10.35334/meta.v2i1.1633

Amanda, A. F., Sari, S., Sirait, L. T., & Sembiring, A. (2023). Mengidentifikasi Tantangan yang Dihadapi oleh Siswa Kelas 3 SDN 171/1 Bajubang Laut dalam Kemampuan Berhitung melalui Observasi. Al-DYAS, 2(3), 737-749.

Arina, J., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK di Ponpes Nurul Huda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 315-324.

Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1999). Self-efficacy: The exercise of control.

Desmawati, D., Mariana, R., & Mulyani, S. H. (2015). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Pada Siswa Smpn 2 Padang Panjang. Psyche 165 Journal, 8(2).

Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di desa sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139-148.

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Istikomah, U., Wahyudi, W., & Salimi, M. (2022). Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Sekecamatan Alian. Journal of Professional Elementary Education, 1(1), 1-9.

Jabnabillah, F., & Reza, W. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi geogebra terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 94-100.

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.

Nurdiana, H., Pujiastuti, E., & Sugiman, S. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Menggunakan Model Discovery Learning Terintegrasi Pemberian Motivasi. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 120-129).

Purnama, I. L., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau melalui model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence dan team quiz. Jurnal Pendidikan Matematika. doi: 10.22342/jpm.10.1.3267.26-41

Putri, P. E. V., & Wibawa, I. M. A. (2016). Pengaruh self-efficacy dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai bagian perlengkapan sekretariat Kabupaten Klungkung. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,(Online), 5(11), 7339-7365.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Ratnawati, Z., Ulya, H., & Rahayu, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Android Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Efficacy Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (Vol. 1, No. 1, pp. 13-25).

Sefiany, N., Masrukan, M., & Zaenuri, Z. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Matematika dengan Model Knisley Berdasarkan Self Efficacy. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 227-233.https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.12014

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076-1082.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877

Somantri, A., & Muhidin, S. A. (2014). Aplikasi statistika dalam penelitian. Bandung, Indonesia: CV Pustaka Setia.

Sudjana. (2005). Metoda statistika. Bandung, Indonesia: Tarsito.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, U. (2015). Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Bandung, Indonesia: FPMIPA UPI.

Zaditania, A. P., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 328-336.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.