ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI PADA ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM-NUMERASI

Nabila Nurhaliza Ali, Khomsatun Ni'mah

Abstract


Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar merupakan salah satu komponen yang akan diujikan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Dalam pelaksanaan AKM yang akan diselenggarakan pada jenjang Pendidikan sekolah, khususnya di jenjang Pendidikan SMP membutuhkan persiapan dalam pelaksanaanya. Salah satu komponen yang harus disiapkan adalah dari peserta didik. Dalam hal ini peserta didik haruslah memiliki kesiapan dalam pelaksanaan AKM, karena peserta didik sebagai subjek yang akan diujikan. Dalam Assemen Kompetensi Minimin (AKM) Numerasi, materi yang diujikan salah satunya adalah geometri materi bangun datar. Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal geometri bangun datar pada Assesmen Kompetensi Minimin (AKM) Numerasi. Subjek penelitian ini adalah 23 peserta didik diambil dari populasi kelas VIII di salah satu SMP Negeri Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data diperoleh dari hasil test kemampuan numerasi yang sudah tervalidasi dan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal geometri pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi tergolong rendah, hal ini disebabkan terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan numerasi matematis peserta didik yaitu faktor internal yaitu tingkat intelektual, sikap dan psikomotorik peserta didik. kurangnya dorongan dalam diri untuk belajar dan minat belajar. Adapun faktor eksternal yang dapat mempengaruhi rendahnya kemampuan numerasi matematis peserta didik diantaranya faktor lingkungan belajar, faktor sarana dan prasarana yang kurang mendukung, dan faktor teman sebaya. Metode pengajaran guru juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan numerasi matematis peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Akmalia, N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP/MTs Kelas VIII di Kelurahan Belendun. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/67076%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/67076/1/11160170000036_NISA AKMALIA %28 Watermark%29.pdf

Ali, N. N., Lestari, P., & Rahayu, D. V. (2023). Kesulitan Siswa SMP Pada Pembelajaran Geometri Materi Bangun Datar. 3, 139–146.

Amelia, R., Chotimah, S., & Putri, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Daring Pada Materi Geometri SMP dengan Pendekatan Project Based Learning Berbantuan Software Wingeom. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 759–769. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.417

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis kemampan numerasi peserta didik kelas viii dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35.

Han, & Weilin, et al. (2017). Materi pendukung literasi numerasi.

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305

Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD.

Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik 2022. Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan-Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan-Kemendikbudristek, https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidika.

Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839

Kurniasari, D., & Sritresna, T. (2022). Kesulitan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self-esteem pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1915

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3.(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.269

Naja, F. Y., & Mei, A. (2023). Penerapan Problem Based Learning untuk Materi Geometri Bangun Datar pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 924–931. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1820

Niswah, N., Nugroho, V. A., & Fauziah, S. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Video Animasi dengan Karakter Loomie pada Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Karangrandu. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November, 151–165.

Noviandri, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Scaffolding terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Representasi Matematis Peserta Ddidk.

Noviantini, N. M. H. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum untuk Mengukur Kemampuan Numerasi Siswa SMP Kelas VII. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Paradesa, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berbasis Visual. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(1), 56–84.

Rahmayanti, D. Z., & Sutama. (2022). Pembudayaan Literasi Numerasi dalam Kegiatan Inti Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 19–24. https://doi.org/10.21009/jrpms.062.03

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Sofiani, J., Nurjamil, D., & Nurhayati, E. (2023). Kemampuan penalaran analogi ditinjau dari self-concept. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 17–30.

Ulkhaq, M. M. (2023). Determinan pencapaian siswa bidang matematika: Perbandingan antara indonesia dan singapura. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 9–16.

Wulandari, R., Suwarto, S., & Novaliyosi, N. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Ruang pada Pembelajaran Daring dengan Model Discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 197–206. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1224

Zuliana, E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VII B MTs N Kudus Melalui Model Cooperative Learning Tipe JIGSAW Berbantuan Kartu Masalah Materi Kubus dan Balok. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 1–23.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.