PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN REFU BERBASIS ANDROID

Sukarni Hindom, Sahidi Sahidi, Suhartini Sumadi

Abstract


Media pembelajaran pada umumnya adalah perangkat bantu dalam proses pendidik. Disamping itu, media pembelajaran adalah elemen yang dapat mengontrol pikiran, dan mengarahkan perhatian siswa serta meningkatkan kemampuan dan keahlian siswa, media dapat memfasilitasi pada berlangsungnya pembelajaran dikelas. Dengan menggunakan Refu, siswa dengan mudah memahami dan lebih aktif dalam proses pembelajaran melalu tayangan dan tampilan yang menarik yang dibuat oleh peneliti dengan tujuan untuk mempermudah siswa dalam proses belajar dan juga memberikan fleksibilitas karena dapat dijangkau setiap saat, di tempat mana saja, dan dalam berbagai kondisi.  Penelitian ini dijalankan untuk mengevaluasi efektivitas, kemudahan penggunaan, dan keabsahan dari alar bantu pembelajaran Refu yang berbasis android. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D). Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah kuesioner dan uji. Diperoleh dan disimpulkan pada penelitian ini dari produk yang dikembangkan dikatakan berhasil karena peserta didik memiliki presentasi hasil belajar mencapai 52%. Berdasarkan perhitungan analisis kegunaan didasarkan pada hasil angket pengerjaan peserta didik bahwa skor yang didapatkan 75% yang berarti bahwa pembelajaran yang digunakan dikatakan mudah digunakan. Dari perhitung keabsahan didasarkan pada hasil perhitungan dari kedua validator menurut Gregory dikatakan sah dengan skor 80%.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. Https://Doi.Org/10.22373/Jid.V12i2.449

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. Must: Journal Of Mathematics Education, Science And Technology, 4(1), 95. Https://Doi.Org/10.30651 /Must.V4i1.2822

Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. Https://Doi.Org/10.26737/Jpdi.V6i1.2311

Astiti, N. M. (2015). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika 2015, 9(10), 982–991. Http://Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Article. Php?Article=395679&Val=7863&Title=Analisa Dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android

Azhari, B., & Irfan, A. (2019). Model-Eliciting Activities dalam Menganalisis Kreativitas Pemecahan Masalah Matematika Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika di PTKIN Aceh. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.22373/Jppm.V2i1 .4495

Erlin Prasetyo, N. H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Freti Lesiana, C. H. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities ( Meas) Pada 2(2), 38–47. Https://Doi.Org/Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/3ed2/51dca0a24254927ad5334efea32213bfa30a.Pdf

Hafid, A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. 6(2), 69–78. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/.V6i2.1403

Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Fisika Dasar Di Program Studi Pendidikan IPA. Journal Of Natural Science And Integration, 2(1), 19. Https://Doi.Org/10.24014/Jnsi.V2i1.7111

Hanafy, S., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., Ii, K., Sultan, J., Nomor, A., & Email, S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. 17(1), 66–79. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Lp.2014v17n1a5

Kurnia, L. D., Octaria, D., & Nopriyanti, T. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Powerpoint Pada Materi Relasi Dan Fungsi di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 84–92. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Jpmr.V7i1.18968

Lestari, I. (2013). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar. 3(2), 115–125. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30998/Formatif.V3i2.118

Listiadi, A., Akuntansi, P., & Surabaya, U. N. (2022). Media Pembelajaran Ispring Suite 10 Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Di SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan 4(2), 2116–2126. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2288

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Putu-Ekayani/Publication/315105651_Pentingnya_Penggunaan_Media_Pembelajaran_Untuk_Meningkatkan_Prestasi_Belajar_Siswa/Links/58ca607eaca272a5508880a2/Pentingnya-Penggunaan-Media-Pembelajaran-Untuk-Meningkatkan-Prestasi-

Mahara, R., & Basrul, B. (2019). Perancangan Interface Aplikasi E-Skripsi Berbasis Android. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 141. Https://Doi.Org/10.22373/Cj.V2i2.4074

Muthmainnah, M., Hapizah, H., & Somakim, S. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi Di SMP. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 27–37. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36706/Jls.V1i1.9567

Pangestu, Y. S., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Pytha Fun untuk Teorema Pythagoras SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 113–125. Https://Doi. Org/10.31004/Cendekia.V4i1.177

Purba, U. A., & Warmi, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Prisma, 11(1), 82. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.33087/Phi.V6i1.184

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 1(1), 24–30. Https://Doi.Org/Https://Ejurnal. Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmathema/Article/View/351/245

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. Https://Doi.Org/10.33365/Jm.V3i1.951

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. Https://Doi.Org/10.33394/Jk. V6i3.2924

Saputri, F., Jazim, & Vahlia, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Emteka: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24–35. Https://Doi.Org/Https://Doi. Org/10.24127/Emteka.V1i1.378

Setyaningrum, W., & Waryanto, N. H. (2017). Media Edutainment Segi Empat Berbasis Android: Apakah Membuat Belajar Matematika Lebih Menarik?. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 40–56. Https://Doi.Org/10.26486/Jm.V2i2.369

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. 2, 58–67. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30743/Mes.V2i1. 117

Sriwahyuni. (2020). Pengembangan E-Materi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika SMA. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 269–277.

Sugiharni, G. A. D. (2017). Validitas Isi Instrumen Pengujian Modul Digital Matematika Diskrit Berbasis Open Source di Stikom Bali. E-Proceedings Kns&I Stikom Bali, 678–684. Http://Knsi.Stikom-Bali.Ac.Id/Index.Php /Eproceedings/Article/View/123/118%0ahttp://Knsi.Stikom Bali.Ac.Id/ Index.Php/Eproceedings/Article/View/123

Wicaksono, A. (2014). Analisis Pengembangan Aplikasi Penilaian Kualitas.

Winarno, A., & Ramadhani, Z. (2022). Hasil Belajar Siswa SMK Menggunakan Ispring Suite 9 Berbasis Android. C.

Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V7i1. 32424

Zakiy, M. A. Z., Muhammad, S., & Farida. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika. Triple S :Jourals Of Mathematics Education, 1(2), 87–96. Https://Doi.Org/Https://Jurnal.Unsur.Ac.Id/Triple-S/Article/View/377/327

Zamrodah, Y. (2016). Engembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berupa Aplikasi Android Menggunakan Kodular Pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Siswa Kelas VIII SMP. 15(2), 1–23. Http://Repo.Bunghatta. Ac.Id/9420/3/Bab Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.Pdf




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.3786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.