PENGEMBANGAN BLOK ALJABAR BERBASIS KEBUDAYAAN LOKAL UNTUK PENGENALAN KONSEP ALJABAR KELAS VII

Nurul Hidayati, Siti Nur Asmah, Riyanti Nurdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa blok aljabar berbasis kebudayaan lokal sebagai solusi dalam mengatasi kesulitan pada pengenalan konsep aljabar peserta didik kelas VII di MTS Al-Mustaqim 1 Arang Limbung Kalimantan Barat. Penelitian ini didasari oleh permasalahan dalam teknik penyampaian materi yang cenderung menggunakan metode ceramah, menyebabkan peserta didik merasa bosan dan kurang tertarik dalam memahami materi aljabar.  Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RND) dengan model ADDIE. Model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A (skala kecil) dan kelas VII B (skala besar). Pada teknik pengumpulan data unruk mengetahui keefektifan media menggunakan pretest dan postest. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui kepraktisan media menggunakan lembar angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi ahli media memperoleh skor 93,7% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 89,3% dengan kategori “sangat layak”. Serta kriteria efektif pada uji coba skala kecil dengan nilai 0,83 g-tinggi dan uji lapangan skala besar dengan nilai 0,72 g-tinggi. Selain itu, diperoleh kriteria sangat praktis dari penilaian angket respon peserta didik skala kecil dengan skor 83% dan penilaian angket respon peserta didik skala besar memperoleh skor 94%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut media blok aljabar berbasis kebudayaan lokal telah terbukti layak, efektif, dan praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Afriandi, M. R., Elmunsyah, H., & ... (2020). Pengembangan Bahan Ajar Cetak Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Bermuatan Peta Konsep Untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep Belajar Pada Siswa. Teknik Elektro Undiksha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/22286

Dewi, A., & Ratu, N. (2018). Pengembangan Alper Aljabar untuk Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Salatiga. In MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/765ipbxgvfeydgwn5m4uzgm2t4/access/wayback/http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/viewFile/322/271

Fahrurrozi, F., & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. eprints.hamzanwadi.ac.id. http://eprints.hamzanwadi.ac.id/587/1/MATEMATIKA FIX.pdf

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., & ... (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., & ... (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu …. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/835

Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan …. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/5178

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & ... (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan …. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Upaya Guru Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa. PYTHAGORAS. In Jurnal Pendidikan Matematika. academia.edu. https://www.academia.edu/download/97822914/pdf.pdf

Monalisa, T. T. (n.d.). Perancangan Perangkat Lunak Pengembangan Motif Kreasi dari Motif Batik Kalimantan Barat Menggunakan Operasi Geometri Pada Pengolahan Citra. In JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi). jurnal.untan.ac.id. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/download/824/857

Munthe, R. T. I., & Hakim, D. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). In Prisma. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/xyu44ggnjfg4dat6rl3b72r53m/access/wayback/https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/download/2388/1896

Putriningtyas, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Melalui Pemanfaatan Blok Aljabar Pada Materi Penyelesaian …. repo.iain-tulungagung.ac.id. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4788

Rayanto, S. Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori &Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic.

Sari, R. K. (2023). Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 11-19.

Sembiring, S. R. B., & Afri, L. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Kine Master dengan Cara Daring. … : Jurnal Pendidikan Matematika. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/90

Simbolon, I. F., & Afri, L. D. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Media Blok Aljabar Terhadap Pemahaman Konsep. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/373

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan r & d .(M. Dr. Ir. Sutopo. S. PD., Ed.) Yogyakarta: ALFABETA.

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & ... (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/24079

Winangun, I. M. A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/529

Yusrina, S. L. (2019). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual ditinjau dari Kemampuan Matematika. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/230667869.pdf




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.