PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA

Indah Putri Hendana, Karunia Eka Lestari

Abstract


Kemampuan pembuktian matematis merupakan suatu usaha yang dimiliki siswa dalam menunjukan kebenaran suatu pernyataan, baik untuk menyanggah atau mendukung. Usaha tersebut diperlukan kemampuan penalaran matematis, dimana siswa mampu untuk mengumpulkan dan menyimpulkan fakta-fakta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pembuktian matematis. Hal ini dilihat dari hubungan linear dan besar pengaruh kemampuan penalaran matematis dalam menjelaskan variabilitas kemampuan pembuktian matematis. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII dengan  sampel sebanyak 68 siswa menggunakan pengambilan sampel cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan teknik analisis datanya dilakukan dengan regresi linear sederhana. Pada taraf kepercayaan 95%, cukup bukti untuk menunjukan dari hasil penelitian ini terdapat hubungan linier yang signifikan antara kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa dengan pengaruh sebesar 25,6%.


Full Text:

PDF

References


Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., dan Bernard, M. (2018). Analisis kemampuan kemampuan penalaran dan self confidence siswa SMA dalam materi peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.

Akuba, S. F., Purnamasari, D., dan Firdaus, R. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 44–60. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Aprilianti, Y., dan Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematik siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Journal On Education, 1(2), 524–532.

Doruk, M., dan Kaplan, A. (2015). Prospective mathematics teachers’ difficulties in doing proofs and causes of their struggle with proofs. 1st International Eurasian Educational Research Congress, 10(2), 315–328. https://eric.ed.gov/?id=ED564144

Hendana, I. P., dan Lestari, K. E. (2021). Analisis kemampuan pembuktian matematis pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2021, 3(1), 178–184. http://conference.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/Sesiomadika2021

Herizal, H. (2020). Faktor yang memengaruhi kemampuan pembuktian matematis siswa. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.187

Herizal, Suhendra, dan Nurlaelah, E. (2020). Pengaruh kemampuan memahami bukti matematis terhadap kemampuan mengonstruksi bukti matematis pada topik trigonometri. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 17–24. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/8115

Hermanto, Kodirun, dan Anggo, M. (2016). Analisis kemampuan pembuktian matematis siswa SMA terhadap matriks ditinjau dari pengetahuan awal matematika. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 1(2), 11–18.

Latifa, A. N. (2017). Reasoning and proof dalam model pembelajaran reciprocal materi trigonometri siswa SMA. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 389–399.

Lesik, S. A. (2018). Applied Statistical Inference with MINITAB®. In Model Linear Terapan. Chapman and Hall/CRC. https://doi.org/https://doi.org/10.1201/9780429444951

Linola, D. M., Marsitin, R., dan Wulandari, T. C. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 6–12. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239

Nurrahmah, A., dan Karim, A. (2018). Analisis kemampuan pembuktian matematis pada matakuliah teori bilangan. JURNAL E-DuMath, 4(2), 21–29. https://doi.org/10.26638/je.753.2064

Rahman, A. A., dan Yunita, A. (2018). Penerapan model pembelajaran PACE untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematika siswa di kelas VII SMP pada materi geometri. Maju, 5(1), 27–38.

Salsabila, E. (2019). Influence of prerequisite concepts understanding and mathematical communication skills toward student’s mathematical proving ability. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 46–55. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.25067

Sohilait, E. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. In Cakra (1st ed.). CV. Cakra.

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan representasi matematis dan kemampuan pembuktian matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.3598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.