PENGARUH KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA

Trisno Siti Wulandari, Karunia Eka Lestari

Abstract


Kemampuan pembuktian matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pembuktian matematis yaitu dengan kemampuan representasi matematis. Kemampuan representasi merupakan aspek dalam membangun konsep, memahami konsep, dan mengemukakan ide-ide matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan representasi matematis terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa yang dilihat dari hubungan linier dan seberapa besar pengaruh kemampuan representasi matematis dalam menjelaskan variabilitas kemampuan pembuktian matematis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 35 siswa dari salah satu kelas X TKJ di SMK PGRI 2 Karawang yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa instrumen tes dan analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini, berdasarkan pada taraf signifikan 95%, memiliki cukup bukti untuk menunjukkan terdapat hubungan yang linier dan signifikan antara kemampuan representasi matematis terhadap kemampuan pembuktian matematis dengan besar pengaruh 46,2%.


Full Text:

PDF

References


Fauzy, A. (2019). Metode Sampling (1th edition). Universitas Terbuka. www.ut.ac.id

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th edition). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herizal, H. (2020). Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa. VYGOTSKY: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 33. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.187

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Buku Metodologi (1th edition). Gunadarma Ilmu.

Inayah, S., & Nurhasanah, G. A. (2019). Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Kepercayaan Dirinya. JPPM, 12(1). http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4852

Lesik, S. A. (2019). Applied Statistical Inference with MINITAB. CRC Press: Taylor and Francis Group.

Maya, R., & Sumarmo, U. (2011). Mathematical Understanding and Proving Abilities: Experiment With Undergraduate Student By Using Modified Moore Learning Approach. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 2(2), 231-250. http://dx.doi.org/10.22342/jme

Mulyaningsih, S., Marlina, R., Kiki, &, & Sania Effendi, N. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika, 6(1), 99-110. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Nursiyono, J. A. (2015). Kompas Teknik Pengambilan Sampel. IN MEDIA.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Permendikbud Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Peraturan Pedia.id, https://peraturanpedia.id/peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-nomor-59-tahun-2014/

Sari, T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa SMP. Matematika Jurnal, 3(2), 22-35. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.478

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Yusepa, B. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis. Widyasari Press, dilihat 13 Februari 2017, https://widyasari-press.com/analisis-kesulitan-siswa-dalam-menyelesaikan-soal-kemampuan-representasi-matematis/




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.3592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.