PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR

Hasna Fauziah Zaelani, Turmudi Turmudi, Wina Mustikaati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas III pada materi sifat bangun ruang di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan total subjek 22 orang dengan instrument yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil nilai trata-rata yang didapatkan sebelum diterapkannya model cooperative learning tipe STAD peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar 20 dengan ketuntasan klasikal hanya mencapai 10%. Setelah diterapkan model STAD pada siklus I mengalami peningkatan dan peserta didik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 60 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50% dan pada siklus II mendapatkan rata-rata 78 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86%.


Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi Manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.

Creswell, J. (1994). Research Design: Qualitative And Quantitative Approaches. London: SAGE Publications.

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 15.

Harini, L., Widiartha, I., & Sanjaya, N. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri dengan Media Pembelajaran Berbasis TIK. Jurnal Udayana Mengabdi, 194.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurharyanto, D. W. (2023). Analisis Penalaran Matematis Mahasiswa PGSD terhadap Penyelesaian Geometri Ruang. Jurnal Ilmah Matematika Realistik, 1.

Pusitaningtyas, A. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang Tua dan Guru terhadap Kreativitas Siswa. Proceedings of the ICECRS, 1(1), v1i1-632.

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1-3.

Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2019). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Sari, R. K., & Avianty, D. (2023). Pengembangan Media Ajar Berbasis Artificial Intelegence pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 31-42.

Sari, R. K. (2023). Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 11-19.

Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning, Teori, Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjiono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumarno, U. (2014). Asesmen Soft Skill Dan Hard Skill Matematik Siswa dalam Kurikulum.

Widodo, A. (2007). Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.