ANALISIS BIBLIOMETRIK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah melihat peluang dan perkembangan tren penelitian terkait minat belajar matematika siswa berbasis VOS Viewer. Metode yang digunakan bibliometrik dengan pengumpulan data artikel dari tahun 2018-2022 melalui situs Google Scholar dengan software Publish or Perish (PoP) dimana didapatkan 1000 artikel, 18758 jumlah sitasi, 3751.60 sitasi pertahun, 18.76 sitasi perartikel, 2.25 penulis perartikel, dengan 55 indeks H dan 97 indeks G, 41 indeks H individu, 8.20 indeks H tahunan dan 32 indeks hA. Hasil penelitian menunjukkan publikasi terbanyak pada tahun 2021 sebanyak 311 dan publikasi terendah padatahun 2018 sebanyak 126.
Full Text:
PDFReferences
Barat, K., & Rokan, K. (2022). Jurnal Al-Hikam. 3(2).
Fatma, M., Piliati, I., Budiarti, B., Putra, I., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2022). Pengaruh Media Game Edukasi sebagai Inovasi Pembelajaran Muatan PPKN terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 68. https://doi.org/10.17977/um009v31i12022p068
Khairunnisa, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Pendekatan Realistik Berbasis Budaya Melayu Langkat di MTS Negeri Tanjung Pura Kabupaten Langkat. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2), 150–162. https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3397
Mujahidah, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Berbasis VOSviewer: Motivation and Interesting in Learning Mathematics. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 75. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13597
Purwanti, R. S. (2019). Siswa Menggunakan Model Number Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran. J-PIMat, 1(1), 26–37.
Sarman, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer. Vygotsky, 4(2), 117. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.590
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494
Zakiyyah, F. N., Winoto, Y., & Rohanda, R. (2022). Pemetaan bibliometrik terhadap perkembangan penelitian arsitektur informasi pada Google Scholar menggunakan VOSviewer. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(1), 43. https://doi.org/10.24198/inf.v2i1.37766
DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.3573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.