EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ARTEFAK PENINGGALAN SEJARAH DI MALANG RAYA

Irdha Mardhotillah, Nok Izatul Yazidah

Abstract


Etnomatematika merupakan pembelajaran matematika yang mengaitkan unsur-unsur budaya dalam menanamkan konsep-konsep matematika. Salah satu hasil budaya yang ada di Indonesia adalah Candi Badut yang terletak di Jawa Timur. Upaya agar peserta didik dapat merasakan pengalaman nyata saat belajat matematika dengan penerapan etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah menemukan aktivitas fundamental matematis yang terdapat dalam Candi Badut di Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek pada penelitian ini adalah juru pelihara Candi Badut. Objek penelitian ini yaitu aktivitas fundamental matematis pada Candi Badut. Metode yang digunakan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Peneliti menggunakan teknik analisis data yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas fundamental matematis pada Candi Badut di Jawa Timur adalah: 1) counting: harga tiket masuk Candi Badut, jumlah pengunjung Candi Badut, jumlah candi perwara dan arca yang ada pada Candi Badut. 2) locating: penentuan lokasi Candi Badut dan penentuan arah Candi Badut. 3) measuring: ukuran Candi Induk Candi Badut, halaman dan kompleks Candi Badut. 4) desaigning: bangun geometri pada Candi Badut dan perbandingan bentuk Candi Badut dengan candi disekitarnya. 5) Playing: aturan penomoran pada batu lepas Candi Badut dan aturan pada penggunaan Candi Badut. 6) explaining: mengetahui cara pemugaran Candi Badut, mengetahui cara merawat dan memelihara Candi Badut, dan mengetahui sejarah penemuan situs Candi Badut.


Full Text:

PDF

References


Ainurriza, R. (2020). Etnomatematika Pada Candi Selogending di Desa Kandangan sebagai Sumber Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation).

Abdhul, Yusuf. 2023. “Studi Pustaka: Pengertian, Tujuan, Sumber dan Metode”, https://deepublishstore.com/blog/studi-pustaka/ , diakses pada 31 Maret 2023.

Almaida, Marissa Noor.2012.” Kebudayaan Sangat Erat Hubungannya dengan Masyarakat”, https://www.scribd.com/doc/78108861/Kebudayaan-Sangat-Erat-Hubungannya-Dengan-Masyarakat , diakses pada 22 Desember 2022.

Balai Arkeolog Provinsi D.I Yogyakarta, 21 Juli 2021,” Candi Badut”, 24 Mei 2022.

Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, 28 Desember 2017, “Kegiatan Konservasi Candi Badut”, 25 Maret 2023, https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjatim/kegiatan-konservasi-candi-badut/

Endang, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Ensiklopedia Fisika Berbasis Etnosains Budaya Lampung Pada Konsep Fisika (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Ma’arif, Samsul. 2022. “Candi Badut, Bintang Canopus dari Malang”, https://www.nativeindonesia.com/uniknya-candi-badut/ , diakses pada 13 Mei 2023.

Malangkab.go.id, 21 Januari 2020, “Candi Badut”, 26 Desember 2022, https://www.malangkab.go.id/mlg/default/detail-potensi?daerah=60

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Sari, R. K., Puspaningtyas, N. D., Santika, Y., Rani, N. M. S., & Cahyono, D. A. D. (2023). Pelatihan Penerapan Soal Berbasis Etnomatematika di SMA Negeri 1 Batanghari. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 41-46.

Silistio, Andrew. 2018. “Perancangan Buku Fotografi Historis Candi Badut Sebagai Candi Tertua di Jawa Timur”. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Sitepu, J. N. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan (Doctoral Dissertation, Unimed).

Soviyani, Aris.1995. ” Candi Badut dan Pemugarannya”. Surabaya: Bagi Proyek Pembi Peninggalan Sejarah.

Werdiono, Defri. 2022. “Kunjungan Wisatawan ke Candi di Malang Berangsur Membaik”, https://www.kompas.id/baca/nusantara/2022/06/08/kunjungan-wisatawan-ke-candi-di-malang-berangsur-membaik , diakses pada 4 April 2023.

Zahro, Annisa Maulida. 2017. “Candi Badhut: Candi Tertua di Jawa Timur”, https://www.dictio.id/t/candi-badhut-candi-tertua-di-jawa-timur/8724/2 , diakses pada 24 Mei 2023.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.