ANALISIS BIBLIOMETRIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BERBASIS VOS VIEWER

Febriyanti Alicia Sianipar, Zulfah Zulfah, Astuti Astuti

Abstract


Tujuan analisis bibliometrik ini adalah melihat peluang dan perkembangan tren penelitian terkait motivasi belajar berbasis VOS Viewer. Metode yang digunakan bibliometrik dengan pengumpulan data artikel dari tahun 2019-2023 melalui situs Google Scholar dengan software Publish or Perish 1.000 jurnal. Hasil penelitian menunjukkan publikasi terbanyak pada tahun 2020 sebanyak 335 publikasi. Variable terkait Motivasi belajar yang memiliki peluang dan kebaruan untuk diteliti di masa mendatang adalah variable fasilitas.


Full Text:

PDF

References


Aribowo, E. K. (2019). Analisis Bibliometrik Berkala Ilmiah Names: Journal of Onomastics Dan Peluang Riset Onomastik Di Indonesia. Aksara, 31(1), 85. https://doi.org/10.29255/aksara.v31i1.373.85-105

Hakim, L. (2020). Analisis Bibliometrik Penelitian Inkubator Bisnis pada Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 176–189. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/677

Irfan, Y. (2020). pengaruh motivasi belajar. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21969

Maryam Muhammad. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 90. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf

Sulisto, A., & Haryanti, N. (2022). hasil belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa. Eureka Media Aksara, 1–23




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.3561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.