ANALISIS BIBLIOMETRIK: FOKUS PENELITIAN PROBLEM BASED LEARNIG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Vivi Sahira Lestary, Zulfah Zulfah, Astuti Astuti

Abstract


Problem based learning dibentuk dengan beberapa cara, salah satunya melalui proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren dan fokus penelitian terkait Problem based learning dalam pembelajaran matematika.Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik. Populasi dari penelitian ini adalah 200 artikel hasil penelusuran data menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) dari tahun 2017-2023, diperoleh 105 artikel sebagai sampel yang sesuai dengan kriteria kata kunci. Data disimpan dalam bentuk Microsoft Excel sebagai bahan pengolahan data dan disimpan dalam bentuk RIS untuk digunakan pada software VOSviewer untuk mendapatkan pemetaan dalam mencari tren publikasi.


Full Text:

PDF

References


Puspitasari, I. A., Studi, P., Matematika, P., Mulawarman, U., Timur, K., & Scholar, G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding, 2, 75–92. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1248%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/download/1248/830

Putri, R. K., & Roichan, D. I. P. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 surabaya. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7272

Royani, M. (2016). Problem Based Learning : Solusi Pembelajaran Matematika Yang Pasif. Math Didactic, 2(2), 127–131.

Trend in International Mathemathics and Science Studi (TIMSS) ,. (2011). 1–7.

Haniyah, D., & Joko Soebagyo. (2021). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender berbasis VOSViewer. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 121–136. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i2.3966

Comarú, M. W., Lopes, R. M., Braga, L. A. M., Batista Mota, F., & Galvão, C. (2021). A bibliometric and descriptive analysis of inclusive education in science education. Studies in Science Education, 57(2), 241–263. https://doi.org/10.1080/03057267.2021.1897930

Aribowo, E. K. (2019). Analisis Bibliometrik Berkala Ilmiah NAMES: Journal Of Onomastics dan Peluang Riset Onomastik di Indonesia. Aksara,31(1), 85–106. https://doi.org/10.29255/aksara.v31i1.373.85-105




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.3560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.