PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Sahrini sahrini, Turmudi Turmudi, Puji Rahayu

Abstract


Negara indonesia masih rendah dalam kemampuan penalaran matematis, terutama pada siswa sekolah dasar. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa disebabkan oleh proses belajar yang kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Untuk menghadapi era globalisasi dengan segala tantangan dan permasalahan dalam keidupan sehari-hari siswa perlu memiliki penalaran matematis dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Untuk itu dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis. salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sekolah dasa. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 di salah satu sekolah dasar di purwakarta dengan masing-masing sampel berjumlah 33 siswa. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Discovery Learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Hasil uji skor N-Gain menunjukkan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Discovery Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selanjutnya diperoleh pengaruh model Discovery Learning terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa diperoleh hasil sebesar 56% dipengaruhi oleh model Discovery Learning 44% dipengaruhi oleh faktor lain.


Full Text:

PDF

References


Anggara, R. P. (2022). Pengembangan Soal Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Ability) Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Linier Tiga Variabel (SPLTV) Bernuansa Islami Kelas X Madrasah Aliyah (MA) PP Al-Rasyid Simpang Tiga (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2019). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 92-102.

Puspita, R. I., Utama, E. P., & Hartati, S. (2022). Pelaksanaan Fungsi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Mata Pe; lajaran Agama di Madrasah Ibtidaiyah Al Adli Palembang. UNISAN JURNAL, 1(1), 358-369.

Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7932

Richardo, R. (2017). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Sari, R. K., & Avianty, D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENCE PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), 31-42.

Sari, R. K. (2023). Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(1), 11-19.

Setiyawan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Probing prompting untuk Materi Aritmatika Sosial Sekolah Dasar. 6(5), 9007–9014.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syaripuddin, S., Fauzi, A., & Ariswoyo, S. (2020). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa MTs melalui pendekatan metakognitif. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 55-64.

Uyanto. S.S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Widjaya, W. (2010). Design Realistic Mathematic Education Lesson. Makalah Seminar Nasional Pendidikan, Program Pascaserjana Universitas Sriwijaya, Palembang.

Yudha, F. (2019). Peran pendidikan matematika dalam meningkatkan sumber daya manusia guna membangun masyarakat islam modern. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 87-94.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.