PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Shinta Aulia Annisa, Fadya Ndorotul Ainy, Vindy Audina Adelia, Innes Annisa Istiqomah, Diana Ermawati

Abstract


Pada pemahaman konsep matematatis, permasalahan yang sering dialami pada siswa yaitu kurangnya pemahaman terhadap materi luas keliling persegi dan persegi panjang. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran discovery learning yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre- experimental desain one-group pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yang berbentuk uji paired sample t-test. Hasil penelitian dilihat dari hasil rata-rata pretest dengan nilai 53,81 dan nilai rata-rata posttest 77,81 serta diperoleh nilai sig sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa sig 0,000 < 0,05 maka Ha diterima sehingga terdapat peningkatan hasil belajar pemahaman konsep siswa terhadap luas dan keliling persegi dan persegi panjang sesudahmenggunakan model discovery learning. Penggunaan model pembelajaran discovery learning berpengaruh diterapkan pada materi matematika sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III sekolah dasar terhadap materi yang diajarkan.


Full Text:

PDF

References


Adim, M., Sri, E., Herawati, B., Nuraya, N., Pendidikan Guru, P., & Dasar, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 6–12.

Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Ermawati, D., Riswari, L. A., & Wijayanti, E. (2022). Pendampingan Pembuatan Aplikasi Mat Joyo (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal SOLMA, 11(3), 510–514. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9892

Handayani, T. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 6(1), 39–45. https://doi.org/10.26418/jpp.v6i1.45788

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran

Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.39

Moreno, L. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1401–1428.

Mujiati, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Learning Pada Materi Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar Siswa Kelas V a SD Negeri 009 Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 179. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4100

Pratiwi, M. F., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sd Negeri Cepagan 01 Batang. Js (Jurnal Sekolah), 4(3), 267. https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18940

Rani Haryuti, B. Z. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Dan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Ngrukem (Vol. 33, Issue 1). IAIN Ponorogo.

Rokhimawan, M. A., Badawi, J. A., & Aisyah, S. (2022). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2077–2086. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar.nJurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Sujarwo, T. N., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Sidomulyo 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 3203–3209. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8596/3302

Utama, L. V., Widodo, N., & Wilujeng, E. C. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV-A Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(April), 52–59.

Yulianto, A., & Muryaningsih, S. (2022). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 139. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.1404.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.