PENGARUH MEDIA PAPAN NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS III DI UPT SD NEGERI 152 GRESIK

Iylia Khairunisa Cahyati, Nafiah Nafiah, Pance Mariati, M. Sukron Djazilan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hasil belajar siswa dengan penggunaan media papan napie. Papan terdiri dari 10 kotak, dengan kotak terbatas menunjuk sebuah bilangan dasar (digit) dan selanjutnya berturut-turut merupakan hasil perkalian bilangan dasar dengan hingga 9, dimana satuan diletakkan dibagian bawah diagonal, sedangkan bagian puluhan diletakkan bagian atas diagonal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Pre-Experimental Design. Teknik pengumpulan data berupa soal Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas II UPT SDN 152 Gresik yang berjumlah 30 siswa.  Penelitian ini dilaksanakan pada 26 Mei 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validasi penelitian ini adalah validator pakar ahli dan menggunakan penghitungan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkannya media Papan Napier dengan peningkatan nilai tertinggi 100.00, nilai minimum 50, nilai rata-rata (Mean) 80.83, median 82.50 dan standar deviation 15.430. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa dari 30 siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal pretest hanya 24 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa. Hal tersebut di ketahui melalui output test statistic uji paired T-TEST (2 tailed) yang menunjukkan sig (2 tailed) 0.000 < c0.05 dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang artinya ada perbedaan antara hasil belajar pada nilai pretest dan posttest serta dapat disimpulkan bahwa media Papan Napier berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SD Negeri 152 Gresik.


Full Text:

PDF

References


Angelica, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Batang Napier Terhadap Hasil Belajar Siswa Asthoffaina. 07.

Aristiani, N. (2013). Penggunaan Media Batang Napier Dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Belakang Tangsi Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1, 294–310.

Darwiastuti, B. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Numberred Head Together Berbantuan Media Batang Napier Terhadap Hasil Belajar Matematika …. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2164

Fikriyatus, S., Akhwani, & Nafiah, D. W. R. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan.Bandung: PT Alumni.Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamzah B. Uno. 2009. Model Pembelajaran (Meningkatkan Proses Belajar MengajarYang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B Uno. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis dalam pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat Kosadi. 1990. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung:Bina Cipta.

Hujair AH. Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Mila Yuniatin. (2014). Penerapan Alat Peraga Batang Napier Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Bilangan Cacah. 139.

Muri Nopita Sari. (2018). Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1–102.

Rahman, A. A., Kristanti, D., & Wahid, N. (2018). Pengaruh penggunaan alat peraga batang napier terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuala. Genta Mulia, 9(1), 35–51.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. (1993). Manajemen pengajaran, secara manusiawi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sugiyono. (1999). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & Bandung: Alfabeta.

Sutirman. (2013). Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saputri, M. E. (2019). Pengaruh Media Batang Napier Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Di SDN 53 Talang Alai Kabupaten Seluma.

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Batang Napier Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana

Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. MaPan, 5(2), 259–278. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a8

Vivin Yuliyanti, O., & Budiharti. (2017). Keefektifan Media Batang Napier dalam Operasi Perkalian Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. PGSD Indonesia, 3(1).

Wilda, Salwah, & Ekawati, S. (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 134–144.

Yekti Fajar Hutami, Amir, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Batang Napier Terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian Bilangan Cacah. 274–282.

Yulia Tri Mawati, M. Muzakki, & A. P. (2022). Matematika Menggunakan Media Batang Napier Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 40–59.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.