UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LAGU

Titis Dewantari, Suharmono Kasiyun, Sri Hartatik, Pance Mariati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas II SDN Kutisari II/269 Surabaya dengan menggunakan media pembelajaran berbasis lagu. Berdasarkan penelitian awal saat pelaksanaan pra siklus Siswa kelas II SDN Kutisari II/269 Surabaya mendapatkan nilai yang rendah. Hal ini dapat terlihat dari gejala yang terjadi dalam pembelajaran, siswa kurang memahami urutan satuan berat dengan benar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2023, bertempat di kelas II SDN Kutisari II/269 Surabaya dengan subjek sebanyak 20 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa. Berdasarkan observasi awal yang diperoleh hasil belajar matematika haya 1 siswa yang dapat menuntaskan. Setelah menggunakan media pembelajaran berbasis lagu pada siklus I cukup meningkat menjadi 10 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 50%. Kemudian diperbaiki pada siklus II, hasil belajar matematika meningkat menjadi 16 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media pembelajaran berbasis lagu dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDN Kutisari II/269 Surabaya.


Full Text:

PDF

References


Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian VI(1):87–93.

Hasan, Muhammad; Milawati; Darodjat; HarahapTuti Khairani; TahrimTasdin; 2021. Media Pembelajaran.

Hermawati, Herma et al. (2018). “Proses Pelaksanaan Remedial Teaching Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Peserta Didik.” Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 4(2):102–6. doi: 10.30738/sosio.v4i2.2823.

Ilmi, Fahmiatul et al. (2021). “Manfaat Lagu Anak dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar.” Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(3):675–83.

Jalaludin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Prinsip Dan Praktik Instrumen Pengumpulan Data). Surabaya: CV Pustaka MediaGuru.

Juanda, Anda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Vol. 4. Yogyakarta: Deepublish.

Mu’alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktek. Vol. 44. pasuruan.

Nurrita, Teni. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3(1):171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Sari, R. K., & Avianty, D. (2023). Pengembangan Media Ajar Berbasis Artificial Intelegence Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran MatematikA. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 31-42.

Sari, R. K. (2023). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 11-19.

Somayana, Wayan. (2020). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3):350–61. Doi: 10.36418/Japendi.V1i3.33.

Sutriyani, Wulan, and Herwin Widyatmoko. (2020). “Efektivitas Model Pbl Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Tunas Nusantara 2(2):220–30. doi: 10.34001/jtn.v2i2.1502.

Suwandi, Prof Sarwiji, and M. Pd. (2013). “Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru ( PLPG ) Penelitian Tindakan Kelas.”

Verawati. (2020). “Penerapan Metode Drill Dalam Matapelajaran Matematika Materi Satuan Berat. Penerapan Metode Drill Dalam Matapelajaran Matematika Materi Satuan Berat.” 97–107.

Yendarman. (2016). “Peningkatan Kemampuan Menetapkan KKM dengan Diskusi Kelompok Kecil Bagi Guru.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 16(3):122–29.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.