PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Paojiah Jiah, Turmudi Turmudi, Puji Rahayu

Abstract


Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh siswa dalam mempelajari matematika. Rendahnya kemampuan koneksi matematis dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap suatu gagasan, topik, atau materi dalam matematika.  Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa sesudah menerapkan model Realistic Mathematics Education serta menganalisis hasil penerapan model Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di salah satu Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Purwakarta yang berjumlah 18 orang. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh terjadinya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa disetiap siklusnya. Siklus 1 terdapat 8 orang siswa yang mencapai kriteria KKM dengan rata-rata nilai 64 sehingga ketuntasan belajar klasikal sebesar 44,44%. Selanjutnya pada siklus II terdapat 16 orang siswa yang dapat mencapai kriteria KKM dengan rata-rata nilai 87 sehingga ketuntasan belajar klasikal sebesar 89%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa model pembelajaran realistic mathematics education dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Anggani, R. Y., Syaripudin, T., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran RME ntuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Iii Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(22), 318–328.

Bunga, N. Isrok`Atun Dan Julia. (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah 1 (1), 441- 450.

Firdaus, F. M., Afani, A. S., Utami, N. N., & Al Mega, R. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jmie (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(1), 32-49

Herzamzam, D. A., & Rahmad, I. N. (2020). Penerapan Realistic Mathematics Education (Rme) Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 184–190. Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V1i2.650

Hidayat, D. A., Artika, A., & Sugandi, A. I. (2021). Penerapan Pendekatan Realistik Matematis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Himpunan Siswa Kelas Vii Smp Pgri Arjasari. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.31258/Jta.V4i1.1-15

Maisyarah, R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis (Connecting Mathematics Ability) Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Researchgate, December. Tersedia: Https://Www. Researchgate. Net/Pulication/321803645.

Muhid, A. (2012). Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. Zifatama Jawara.

NCTM. (2000). Principles and Standars for school Mathematics. Reston: VA:NCTM.

Prawira, M. J., & Aripin, F. Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dengan Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Berbasis Etnomatematika Betawi Pada Kelas Vi Di Sdn Batu Ampar 01 Pagi Jakarta Timur. Jurnal Jp3m (PGSD, PJKR, PPKN dan Matematika), 3(02), 148-162.

Rahman. (2019). Model Mengajar Dan Bahan Pembelajaran. Journal Of Social Science, Education, And Humanities Research. Vol 257.

Ramadhanti, E., & Marlina, R. (2019). Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 876–882

Sari, D. P. (2021). Program Studi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Angkatan 1 Universitas Negeri Jakarta 2020. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1–122

Setiawarni, A., Rahmi, D., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 2(3), 227. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V2i3.7663

Siagian, M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Mes: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Sinambela, P., & Surya, E. (2017). Makalah Kemampuan Koneksi Matematika dalam Kehidupan Sehari-Hari:Arah Kecenderungan Dan Isu Dalam Medan September 2017.

Sriwijaya, A. (2021). Realistic Mathematical Education (Rme) Learning Model In Overcoming Fraction Problems. In Social, Humanities, And Educational Studies (Shes): Conference Series (Vol. 4, No. 5, Pp. 1544-1549).

Trianto, M. P. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 376.

Trilasmini, P., & Prayuniningtyas, A. W. (2018). Pendekatan Realistik Matematika Education dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 159-161.

Zhafirah, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Zulkardi (2016). Rme Suatu Inovasi Dalam Pendidikan Matematika di Indonesia. Makalah yang Disajikan Pada Konperensi Matematika Nasional. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.