PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anggani, R. Y., Syaripudin, T., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran RME ntuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Iii Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(22), 318–328.
Bunga, N. Isrok`Atun Dan Julia. (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah 1 (1), 441- 450.
Firdaus, F. M., Afani, A. S., Utami, N. N., & Al Mega, R. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jmie (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(1), 32-49
Herzamzam, D. A., & Rahmad, I. N. (2020). Penerapan Realistic Mathematics Education (Rme) Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 184–190. Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V1i2.650
Hidayat, D. A., Artika, A., & Sugandi, A. I. (2021). Penerapan Pendekatan Realistik Matematis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Himpunan Siswa Kelas Vii Smp Pgri Arjasari. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.31258/Jta.V4i1.1-15
Maisyarah, R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis (Connecting Mathematics Ability) Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Researchgate, December. Tersedia: Https://Www. Researchgate. Net/Pulication/321803645.
Muhid, A. (2012). Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. Zifatama Jawara.
NCTM. (2000). Principles and Standars for school Mathematics. Reston: VA:NCTM.
Prawira, M. J., & Aripin, F. Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dengan Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Berbasis Etnomatematika Betawi Pada Kelas Vi Di Sdn Batu Ampar 01 Pagi Jakarta Timur. Jurnal Jp3m (PGSD, PJKR, PPKN dan Matematika), 3(02), 148-162.
Rahman. (2019). Model Mengajar Dan Bahan Pembelajaran. Journal Of Social Science, Education, And Humanities Research. Vol 257.
Ramadhanti, E., & Marlina, R. (2019). Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 876–882
Sari, D. P. (2021). Program Studi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Angkatan 1 Universitas Negeri Jakarta 2020. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1–122
Setiawarni, A., Rahmi, D., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 2(3), 227. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V2i3.7663
Siagian, M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Mes: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Sinambela, P., & Surya, E. (2017). Makalah Kemampuan Koneksi Matematika dalam Kehidupan Sehari-Hari:Arah Kecenderungan Dan Isu Dalam Medan September 2017.
Sriwijaya, A. (2021). Realistic Mathematical Education (Rme) Learning Model In Overcoming Fraction Problems. In Social, Humanities, And Educational Studies (Shes): Conference Series (Vol. 4, No. 5, Pp. 1544-1549).
Trianto, M. P. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 376.
Trilasmini, P., & Prayuniningtyas, A. W. (2018). Pendekatan Realistik Matematika Education dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 159-161.
Zhafirah, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Zulkardi (2016). Rme Suatu Inovasi Dalam Pendidikan Matematika di Indonesia. Makalah yang Disajikan Pada Konperensi Matematika Nasional. Bandung.
DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3443
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.