ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI DESA KETILENGSINGOLELO

Lovika Ardana Riswari, Zulfa Arifia Rahmadani, Hasna Nur Alifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana tingkat kemampuan penalaran siswa kelas V SD pada materi penyajian data melalui pengukuran berupa soal uraian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan memberikan angket soal penalaran matematis dalam bentuk link Google Form untuk memudahkan siswa dalam mengaksesnya. Subjek penelitian yang diikutsertakan peneliti sebanyak empat responden dengan kriteria merupakan siswa kelas V SD yang ada di Desa Ketilengsingolelo, Jepara. Model analisis data yang digunakan bersumber dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari pemberian soal tes yang telah dikerjakan oleh empat siswa kelas V adalah sebanyak dua siswa mendapat kategori tinggi karena mampu menjawab soal dengan sangat baik dan tepat, satu siswa mendapat kategori sedang karena menguraikan penyelesaian soal dengan runtut namun masih kurang tepat di bagian penarikan kesimpulan, dan satu siswa mendapat kategori rendah karena menyelesaikan soal dengan terburu-buru sehingga memperoleh jawaban yang melenceng dengan perintah soal namun sudah mampu menemukan pola atau sifat menganalisis situasi matematika. Dapat disimpulkan bahwa dalam mengerjakan sebuah soal yang berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis, diperlukan daya konsentrasi tinggi, pengamatan dan ketelitian, serta berlatih untuk menggunakan logika melalui observasi situasi agar mudah memahami konteks, sehingga dapat membantu siswa mempertajam kemampuan analisis dan pola pada soal yang sedang didapatkan.

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Apriliyana, D. A., Masfu'ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6) 4166–4173.

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.

Arida, S. F., & Ikhsan, M. F. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Sukolilo Pati Terhadap Pengerjaan Soal Berbasis Pembuktian. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2).

Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Jurnal Numeracy, 7(2), 192–206. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 1(2), 288–296.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Permatasari, L., & Marlina, R. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 505–511. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1998

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2022). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Kudus. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sisw Kelas VI Sekolah Dasar di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 233–242.

Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 29(4), 336–338.

Taufina, T., Chandra, C., Fauzan, A., & Syarif, M. I. (2019). Development of statistics in elementary school based rme approach with problem solving for revolution industry 4.0. Proceedings of the 5th International.

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.