ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS III SDN 2 KARANGREJO

Lovika Ardana Riswari, Lola Indra Mukti, Latif Fatul Tamara, Mega Ayu Putri Hapsari, Dyah Ayu Cahyaningrum

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan matematis dalam materi pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Karangrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan pada siswa kelas III SDN 2 Karangrejo yang berjumlah 5 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif yang terdiri dari tiga hal, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 3 dari 5 siswa masih belum memahami mengenai pemecahan masalah matematis pada materi pecahan dan hanya 2 siswa yang sudah memenuhi semua indikator KPM (Kemampuan Pemahaman Matematis) sehingga kedua siswa tersebut dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis pada materi pecahan.


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kuliatatif. In P. Rapanna (Ed.), Syakir Media Press. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn

Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. JPMM: Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 3(1), 224–231. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2017

Aisyah, P. N., Khasanah, S. U. N., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 1025–1036. https://doi.org/10.30738/union.v9i2.9524

Andayani, F., & Nadiyah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166–4173.

Argawi, A. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kemampuan Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi COVID-19. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 64–75.

Badriyah, N., Sukamto, & Subekti, E. E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 10–15. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1279

Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 486–492. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.442

Daffa Tasya Pratiwi, & Fitri Alyani. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136–142. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100

Fidayanti, M., Shodiqin, A., & YP, S. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), Page 88-96.

Gustiani, D. D., & Puspitasari, N. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas VII di Desa Karangsari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 435–444. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1450

Hamimah, H., Kenedi, A. K., Zuryanty, Z., & Nelliarti, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem-Based Learning. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 173–184. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i2.7878

Hidayah, N., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 46–51. https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18940

Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77–86. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028–1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Marlina, L., & Solehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582

Mugianto, F., Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Variabel, 4(2), 76–83. https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2698

Pohan, N., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII SMP Negeri 5 Sipirok. Jurnal MathEdu (Mathematics Education Journal), 4(1), 60–65. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1971

Pratiwi, D. T., & Alyani, F. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136–142. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2022). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Saja’ah, U. F. (2018a). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98–104. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10866

Saja’ah, U. F. (2018b). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 98. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10866

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028

Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23-31.

Suardi, S., Hakim, L. El, & Axiz, T. A. (2022). Kesalahan-Kesalahan Siswa pada Materi Pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 418–428. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.201

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.