PENGARUH MEDIA POTOL BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Lovika Ardana Riswari, Devi Arifia Fitriani, Dila Eka Fitriyani, Dita Widyastuti, Herfiana Putri Assakhiy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran potol bilangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas II SD N 3 Panjunan. Penelitian ini dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Mei 2023, dengan metode kuantitatif berjenis pra-eksperimen. Pemilihan sampelnya menggunakan total sampling data 11 siswa dengan percobaan untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Desain yang digunakan adalah “One Group Pretest Post-test Design”. Pada penelitian ini tes yang digunakan yaitu pretest dan post test yang berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 soal dengan Kriteria Ketuntasan Maksimal 70. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik, tabel, atau deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai kemampuan pemecahan masalah matematid pada siswa sebelum diberikan treatment memperoleh hasil 71,27, dan setelah diberikan treatment memperoleh hasil 81,72. Sementara itu, pada hasil uji T didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,005. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan adanya pengaruh media potol bilangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas II sekolah dasar yang signifikan sebelum dilakukan pretest dan sesudah dilakukannya post-test. Jadi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan pada media potol bilangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas II sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

Apriliyana, D. A., Masfu, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(6), 4166–4173.

Arida, S. F., & Ikhsan, M. F. (2023). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas v sekolah dasar di desa sukolilo pati terhadap pengerjaan soal berbasis pembuktian. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3.

Arsi, A. (2020). Statistik Parametrik dan Nonparametrik serta Statistik Deskriptif dan Inferensial. https://osf.io/f72cj

Claudia, S., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 210–221.

Ermawati, D., Riswari, L. A., & Wijayanti, E. (2022). Pendampingan Pembuatan Aplikasi Mat Joyo (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal SOLMA, 11(3), 510–514. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9892

Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263

Hermayanti, M., Rondli, W. S., & Riswari, L. A. (2023). Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Roda Putar pada Siswa Kelas IV. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 2453–2461.

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028–1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497

Lestari, S. D., Khamdun, & Riswari, L. A. (2023). Penerapan Model Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Boloagung 02. As-Sabiqun; Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Din, 5(2), 592–603.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187.

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421

Rahma, A. N., & Yayuk, E. (2014). Matematika Menggunakan Model Tai dan Model Konvensional di SDN Dermo I Bangil. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 1(4), 237–242.

Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning dengan Metode Demonstrasi terhadap Kemampuan Pemecahan. Prosiding of Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, Jakarta: 26 Oktober 2020. Hal. 1-12.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2022). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis (N. Amalia (ed.); 1st ed.). Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Saputro, W. A., Setiawan, D., & Riswari, L. A. (2022). Rendahnya Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SDN Karanganyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1707–1715.

Setyaningrum, Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar dalam Memahami Konsep Pecahan ada Siswa Kelas V SD Negeri Sidomulyo. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 3360–3369.

Subekti, M. R., Wibowo, D. C., & Triani, S. (2021). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi dan Subtema 1 Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 23 Menyumbung Sintang tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 39–48. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/493

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta, CV.

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84.

Widjanarko, M., & Minnafiah, U. (2018). Pengaruh Pendidikan Bencana pada Perilaku Kesiapsiagaan Siswa. Jurnal Ecopsy, 5(1), 1. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i1.4878




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.