PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS PADA MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

Salwa Hidayatullaily, Husnul Buairi, Parhaini Andriani, Rian Mushollin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan prestasi belajar terhadap disposisi matematis pada mahasiswa calon guru matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu survei dengan angket dan lembar tes soal untuk menguji pengetahuan mahasiswa. Populasi penelitian berjumlah 35 mahasiswa dengan sampel yang diambil sebanyak 22 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda untuk menganalisis pengaruh dari masing – masing variabel bebas terhadap variabel terikat dengan uji hipotesis.  Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23. Hasil dari metode penelitian ini terdapat uji hipotesis yang menggunakan uji F bhawa variabel kecerdasan emosional dan prestasi belajar berpengaruh terhadap disposisi matematis mahasiswa calon guru matematika. Adapun uji T bahwa kedua variabel berpengaruh, yaitu variabel kecerdasan emosional t = 3,110 dan prestasi belajar t = 3,880.


Full Text:

PDF

References


Andrie, S. dkk. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume, 7(2), 117–121.

Anggraini, T. P. dkk. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11807

Dkk, N. C. S. (2015). Pengaruh Pendekatan Discovery Yang Menekankan Aspek Analogi Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional Spiritual. Jurnal RRset Pendidikan Matematika, 2(November), 224–234.

Fikri, K., T, A. Y., & Ijuddin, R. (2018). Hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pontianak. JPPK (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa), 7(4), 1–8.

Fransiska Ginting, S. dkk. (2021). Pengaruh Self Directed Learning Dan Productive Disposition Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa Pendidikan Matematika Di Masa Pandemi. Jurnal Serunai Matematika, 13(1), 62–67. https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.358

Gunawan, R. (2018). Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Prestasi Siswa Berdasarkan Status Sosial Dan Kedisiplinan Pada Smk Bayu Pertiwi Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Sains Dan Komputer (SAINTIKOM), 17(2), 175–183.

Handriani, N. dkk. (2020). Hubungan Kecerdasan Intelektual Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3, 1–4. https://doi.org/10.33627/ge.v3i1.332

Indah Lestari, Y. A. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1179

Kurniawati, D. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas 5 SD Ngampon. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 420–431.

Maemanah, A. dkk. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 48–57. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.48-57

Nabilah, N. A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Matematika Siswa Kelas Viii Di Mts Unggulan Ma ’ Arif Nu Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Skripsi.

Nurdiansyah, E. (2017). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of EST, 2(3), 171–184.

Purnaningtyas, A. dkk. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya SMP. Journal of Arts Research and Education, 10, 1–14. https://doi.org/10.15294/harmonia.v10i1.56

Riswandi, W. dkk. (2020). Pengaruh Belajar Dari Rumah (Bdr) Terhadap Prestasi Siswa Dengan Regresi Linier Berganda Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Informatika 2020 (SEMNASIF 2020), Semnasif, 187–195.

Sakti, T. K. dkk. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28, 53–60.

Setiadi, Y. (2018). Hubungan Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, dan Kecemasan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 119. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1066

Setiana, D. S. dkk. (2020). The Correlation between Reasoning and Emotional Intelligence in Social Interaction to Mathematics Achievement. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v2i1.21-25

Silen, A. P. (2014). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 21(2), 116–133. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/3841

Sulastri, T. dkk. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Manonjaya. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 156–165. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32916

Triyanto, E. dkk. (2019). Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 4(2), 73–86.

Wahyuningsih, R. (2021). Prestasi Belajar Siswa : Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(2), 117–124.

Zumaroh, L. S. dkk. (2022). Pengaruh Disposisi Matematis Siswa terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Tabung Kelas IX. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 111–122. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.1.111-122.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.