PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MTs. MUALLIMIN UNIVA MEDAN

Irwan Irwan, Cut Latifa Zahari, Abdul Mujib, Abdul Mujib

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan representasi matematis siswa MTs Muallimin UNIVA Medan. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini di ambil dari siswa kelas IX Visual MTs. Muallimin UNIVA Medan semester genap tahun ajaran 2022/2023. Ada 2 cara pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes kemampuan representasi dengan hasil wawancara. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa profil kemampuan representasi siswa MTs. Muallimin UNIVA Medan memiliki kemampuan yang tinggi pada indikator representasi gambar dan simbol yaitu masing-masing 84% dan 76%, tetapi pada kemampuan representasi verbal memiliki kemampuan yang rendah dengan presentasi kemunculan 48%.


Full Text:

PDF

References


Asmara, P. M., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 11(2), 189–201. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4490

Farahhadi, S. D., & Wardono. (2019). Representasi Matematis dalam Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 606–610. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/issue/view/1445

Farhan, E., & Umbara, U. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Representasi Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 1–10. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.3949

Germain-McCarthy, Y. (2013). Bring NCTM standards to life: Best practices, high school. In Bring NCTM Standards to Life: Best Practices, High School. Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9781315853079

Hardani. (2022). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).

Icha putri, Rhomiy Handican, & Rilla Gina Gunawan. (2022). Systematic Literature Review: Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 577–588. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.168

Kemendikbud. (2022). Salinan Keputusan Kurikulum Merdeka Belajar. Salinan Keputusan Kurikulum Merdeka, 42(ABSTRACT), 39-A. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue January). CV IRDH.

Natonis, S. F. M., Daniel, F., & Gella, N. J. M. (2022). Analisis Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3025–3033. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2592

Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan RnD (p. 334). Alfabeta.

Suningsih, A., Istiani, A., Ahmad, J. K., Pringsewu, D., & Id;, A. S. A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V10I2.984

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving: a case study with optimization problems Representations in problem solving: a case study with optimization problems 1. Electronic Journal of Research in Education Psychology, 17(1), 279–308.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.2823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.