STUDI ETNOMATEMATIKA: BANGUN DATAR PADA MOTIF SENI RUMAH BUDAYA SUMBA

Syam Surya, Siti Napfiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk bangun datar dan unsur etnomatematika yang terdapat  pada Motif Seni Rumah Budaya Sumba. Etnomatematika merupakan sebuah jembatan penghubung antara matematika dan kebudayaan. Jenis peneltian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Rumah Budaya Sumba yang terletak di jalan Rumah Budaya,Kalembu Nga’banga Waitabula, Kab.Sumba Barat Daya,NTT. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara,observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunkakan dalam penelitian ini yaitu, pedoman wawancara dan pedoman observasi.Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan berbagai macam bentuk bangun datar yang ada pada motif seni rumah budaya Sumba dan pada motif yang terdapat pada rumah budaya sumba mengandung unsur matematika, sehingga disimpulkan bahwa pada rumah budaya Sumba mengandung unsur etnomatematika sebagai penghubung antara kebudayaan dan matematika. Motif pada rumah budaya Sumba yang mengandung unsur bangun datar tedapat pada ukiran perhiasan wanita, ukiran alur kehidupan, ukiran alat musik dan ukiran alat makan hewan ternak. Bentuk Bangun datar yang terdapat pada motif rumah budaya Sumba yakni, bangun segitiga, belah ketupat, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi dan lingkaran.


Full Text:

PDF

References


Agustin, Ririn Dwi,dkk. (2019). Ethnomatematika: Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Laplace.( Jurnal Pendidikan Matematika).Volume 2,Nomor 1, Mei 2019: 13-14.

Agustian. (2021). Bangun datar: Pengertian, Macam, Sifat, Rumus. online, 12 Desember 2022. https://rumuspintar.com/bangun-datar/.

Ambarawati,M. Panjaitan,A., & Pulungan, R. (2022). Studi Etnomatematika: Motif Bangun Datar pada Karya Seni Kriya Kain Ulos,Sumatra Utara. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo,3 (01),38-47.

Arlieza,Ranti.2019. Aktivitas Etnomatematika Terhadap Kehidupan Masyarakat Budaya Lampung di Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat. Skripsi S1, Universitas Islam Lampung Barat.

Azra, Maya Modigliani. (2016) Eksplorasi Etnomatematika Aktivitas Membatik Dirumah Produksi Negi Batik Mojokerto.Skripsi S1,Universitas Pendidikan Indonesia

Daniswari,Dini (2022). Mengenal Pulau Sumba, Asal-Usul,Kondisi Geografis, Wisata. Online, 30 Desember 2022 https://regional.kompas.com/read/2022/05/18/224904278/mengenal-pulau-sumba-asal-usul-kondisi-geografis-dan-wisata?page=all

Dermawan, D. (2020). Rumah Budaya Sumba, Perpaduan Hotel dan Museum Budaya Sumba. Online 21 Oktober 2022. https://tripsumba.com/desa-adat/rumah-budaya-sumba/

Fahmy, I. A. (2022). 11 Pengertian Kebudayaan menurut Para Ahli. Online, 23 Oktober 2022. https://www.pinhome.id/blog/pengertian-kebudayaan-menurut-para-ahli/

Febriyanti, R. Prasetya & A. Irawan. (2018). Etnomatematika pada Permainan Engklek Tradisional dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan Volume 12, Nomor 1 Mei 2018: 1-6.

Izah, Shela Jazilatul, dkk. 2021. Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. Circle. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 01, No. 01, 2021: 46.

Lisnani, dkk. 2020. Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9,Nomor 3, September 2020: 360.

Khoirudin, Z. A. (2020) Implementasi Etnomatematika dengan Menggunakan Permainan Tradisional pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Punten 01 Kota Batu. Skripsi S1, Universitas Muhammadiyah Malang.

Nova,I.S. &Putra A.(2022).Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminu: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2, Nomor 1,67-76.

Maryani,Annisa, dkk. (2022). Studi Etnomatematika Aktifitas Menghitung Hari Baik dalam Pernikahan Masyarakat Kampung Adat Pulo. JPBM.(Jurnal penelitian pendidikan dan pengajaran matematika). Volume 8, nomor 1 maret 2022: 74

Novelia,Theodora (2021) Kajian Etnomatematika pada Rumah Kebaya Betawi dan Implementasi Terhadap Pembelajaran Matematika. Skripsi S1, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Nurhasanah, Wina Fitriani & Puspitasari, Nitta. (2022). Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkung Kabupaten Garut. PlusMinus: Junal pendidikan Matematika Vol 2, No 1, 27-38.

Rewatus, A, dkk. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: jurnal pendidikan matematika Volume 04. Nomor 02 November 2020 : 646

Richardo,Rino. 2016. Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 7,Nomor 2, Desember 2016 : 118- 124.

Shopia, Siti Apriliani, dkk. (2023). Studi Etnomatematika pada Amalan Wirit Yaa Lathif di Thoriqoh Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Ma’had Suryalaya. Jarme: Journal of Authentic Research on Mathematics Education Volume 5, Nomor 1, januari 2023 : 100-101.

Yulianingsi, Asti. (2021). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Struktur Rumah Adat Suku Bima. Skripsi S1, Uneversitas Negeri Mataram.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.