PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Ni Made Ika Priyanti, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas XII-IPA SMA YPPK Yoanes XXIII Merauke pada materi Dimensi Tiga dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Subyek penelitian adalah peserta didik  kelas XII IPA yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan pada siklus 1 dan 2 kali pertemuan pada siklus 2. Pengumpulan data melalui observasi guru dan peserta didik dan pemberian tes di akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 52,16 pada siklus 1 dan 87,5 pada siklus 2. Ketuntasan klasikal hasil belajar mencapai 31,25% pada siklus 1 dan 88% pada siklus 2. Dan hasil partisipan peserta didik pada siklus 1 sampai dengan siklus 2 mengalami peningkatan dari cukup tinggi menjadi sangat tinggi. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media Youtube dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XII-IPA SMA YPPK Yoanes XXIII Merauke.


Full Text:

PDF

References


Afiani, N. (2021). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Pada Materi Program Linier Menggunakan Problem Based Learning dengan Media Youtube dan PPT Di Smk Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 65–72. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.95

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Arafat Lubis, M., & Azizan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Logaritma, 6(2), 150–163.

Cut Eka Parasamya, A. W. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.

Ernawati, N. P. E. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja. Stilistika, 9(1), 92–106. https://doi.org/10.5281/zenodo.4295628

Fikri Bunger, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 52. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3193

Gusti Ayu Putri Sriwati, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesia Journal Oof Educational Development, 2(2), 302–313. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787

Harahap, muhammad S., Ahmad, M., & Lumbantobing, S. M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Youtube terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mathematic Education Journal)MathEdu, 5(1), 70.

Husnidar, & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 02(02), 67–72.

Khalda, S., & Haq, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Channel Youtube Privat Al Faiz terhadap Hasil Belajar Matematika. 2, 69–75.

Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 5(1), 37–41. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006057

Nugroho, W. (2021). Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Video YouTube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 211–226. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12259

Raharjo, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Berbantu Media Youtube. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(1), 1–23.

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Septian, A., Monariska, E., & Yunita, E. (2022). Penerapan Media YouTube untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa sesuatu yang tepat untuk diingat dan kemudian dapat mengimplementasikan dalam bentuk & Ramadanty , 2020 ). Kemampuan pemahaman matematis merupakan pengetahuan siswa sendiri ole. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(3), 319–329.

Sri Rahayu, E., Palobo, M., N, N., Riyana, M., & Johanis, D. (2018). Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 9 Merauke. Jurnal Magistra, 5(1), 15–25. https://core.ac.uk/download/pdf/268213993.pdf

Subqi, I. (2021). Penggunaan Media Youtube dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Zakat dan Hikmahnya di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Weding Demak. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 142. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.3246

Sugianto, R. (2023). Penerapan Video YouTube “ Pak Rahmad ” sebagai Sumber Belajar Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 01(01), 1–9.

Zahrawati, F. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Indonesian Journal of History Education, 1(1), 71–79.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.