ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DALAM BENTUK SOAL CERITA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEKALONGAN

Mesrani Anggelina, Ummi Rosyidah, Astri Setyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan siswa memahami masalah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV, 2) kemampuan siswa merencanakan strategi penyelesaian soal cerita pada materi SPLDV, 3) kemampuan siswa melaksanakan strategi penyelesaian soal cerita pada materi SPLDV, dan 4) kemampuan siswa membuktikan kebenaran hasil dan menginterpretasikan hasil penyelesaian ke soal awal dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.  Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X SMK Negeri 1 Pekalongan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang diambil dari observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah hasil tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmability. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa memahami masalah soal cerita kategoei sangat tinggi, kemampuan siswa merencanakan strategi penyelesaian soal kategori sangat tinggi, kemampuan siswa melaksanakan strategi penyelesaian soal cukup, dan kemampuan siswa membuktikan kebenaran hasil dan menginterpretasikan hasil penyelesaian ke soal awal kategori kurang.


Full Text:

PDF

References


Axiom, (2019). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Dikelas VIII MTs. Negeri Bandar T.A 2017 / 2018. Jurnal Pendidikan dan Matematika, VII (1).

Ayuwirdayana. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di MTsN 4 Banda Aceh. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (2).

Djaali dan Pudji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Fadillah. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (2).

Fuadi, R. Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3 (1).

Gunawan. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (2), 216 – 225.

Halim, F. & Rasidah, N. (2019) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newan, 2(1).

Hidayah. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Aspek Kognitif, Kontruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, VII (2).

Laily. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar, Eduma Tadris Matematika, 3 (1).

Moleong. (2019). Meteodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muskania, R. & Zulela, MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (2).

Nasution, M., Wirevenska, I., & Aziz, R. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pada Materi SPLDV Kelas X SMKS TIK JABAL RAHMAH. Jurnal Serunai Matematika, 13 (1).

Ningrum, (2013). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Barisan dan Deret Pada Siswa Kelas XII SMA Al- Islam 3 Surakarta. Jurnal Serunai Matematika, 13 (1)

Nurkholis, (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan, 1 (1).

Nuryana, D. & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Program Linier. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 11 – 20.

Rahmah. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Jurnal al – Khwarizmi, 2, 1–10.

Siagian. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wahyudin. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Kemampuan Verbal. Jurnal Tadris Matematika, 9 (2).




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.