EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ARTEFAK PENINGGALAN SEJARAH DI KOTA NTT

Bernadeti Sartika Yasni Litik, Dian Fitri Argarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengetahui konsep matematika yang terdapat pada artefak peninggalan sejarah di museum rumah budaya sumba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tahap penelitian ini dimulai dengan melakukan kajian, penyusunan instrument, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, dan analisis data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini ialah peneliti itu sendiri, dan alat bantu yang digunakan ialah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di museum rumah budaya sumba terdapat berbagai jenis artefak diantaranya seperti tambur, patung-patung kuno, tempayan, katoda, reba, cangkang mutiara, tombak dan parang, kayu pasola, tameng, alat peras tebu, gong, rahang babi, tanduk kerbau, kepala kerbau, batu kubur, kulit penyu, parut kelapa, dan berbagai macam perhiasan. Konsep matematika yang diterapkan pada artefak di museum rumah budaya sumba yaitu konsep bangun datar dan bangun ruang. Konsep bangun datar yang diterapkan yaitu persegi, persegi panjang, segitiga, layang-layang, belah ketupat, dan lingkaran. Sedangkan konsep bangun ruang yang diterapkan yaitu kubus, balok, tabung, dan kerucut.


Full Text:

PDF

References


Arfa, E. 2021. Mendulang Butir-Butir Budaya Dan Adat Istiadat Masyarakat Melayu Cerenti. Bogor: IPB Press.

Banase, S., Disnawati, H., & Nahak, S. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Kain Tenun pada Masyarakat Oeolo NTT untuk Mengungkapkan Konsep Matematis. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 86-94.

Fauziah, S. E., SESSH, M., & Noviani, S. Sosial Budaya Dasar Dan Etika Kebudayaan. Global Aksara Pers.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.

Hastadewa, G. (2019). TA: Perancangan Buku Fotografi Story Kesenian Sumba Timur sebagai Upaya Pengenalan Kesenian dan Kebudayaan Sumba Timur kepada Masyarakat (Doctoral dissertation, Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya).

Hidayat, T., Asmar, A., & Yerizon, Y. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Candi Muara Tikus Di Kec. XIII Koto Kampar Riau. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 5(1), 77-86

Izzudin, M., dkk. 2022. Geometri Datar dan Ruang. Bandung: CV Media Sains Indonesia

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 164-176.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Deepublish.

Sanyoto, B., Setiana, D., & Agustito, D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Agung Mataram Kotagede. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 297-308.

Schenker, J. An Introduction to the Traditional Music of Sumba (1995).

Soelarto, B. (1979). Budaya Sumba. Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Susanty, P. I., Zaenuri, M., & Kharisudin, I. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Alat Musik Gong Waning Masyarakat Sikka. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp 255-259).

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No. 1).

Widianto, H., dkk., 2021. Truman Simanjuntak 40 Tahun Menjejak Langkah di Padang Penelitian Arkeologi. Jakarta: PT Pustaka Obor Indonesia

Woha, I. U. P. Katalog Dalam Penerbitan.

Wulandari, M. R. (2020). Eksplorasi Tenun Kain Ikat Sumba Timur Ditinjau Dari Etnomatematika. Satya Widya, 36(2), 105-115.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.