PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS 5 SDN CIPETE 4

Putri Bunga Aulia, Een Unaenah, Aam Amaliyah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang menggunakan pendekatan secara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eskperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN Cipete 4 Tangerang, dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 60 siswa yaitu kelas 5 A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 5 B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal test berdasarkan taksonomi bloom berbentuk esai yang terdiri dari 9 soal yang valid. Hasil uji-t pretest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh p-value 0.764/2= 0.382 > 0.05. Dengan demikian artinya tidak terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar. Namun pada hasil uji-t postest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh p-value 0. 076/2= 0.038 < 0.05. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar. Dengan demikian maka dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Kelas 5 SDN Cipete 4.


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, W., S. Y., & Pranata, O. H. (2019). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar: 6 (1), hlm. 118-129.

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Depok: PT Rajagrafindo.

Herlian, D. T. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Purwanto, E. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. jogja: Pustaka Belajar.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Realistik. (U. Hasanah, Penyunt) Mataram, Indonesia: CV. Reka Karya Amerta.

Riadi, & Edi. (2014). Metode Statiska Parametik & Parametik. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209.

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Nusa Tenggara Barat: Universitas Hamzanwadi Press.

Sinambela, L. P., & Sinambela, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Teoritik dan Praktik. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALVABETA, cv.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alvabeta.

Teni tutiareni, B. H. (2021). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 13-19.

Unaenah, E., & amaliyaliyah, A. (2021). Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi. Tangerang: FKIP UMT Press.

Unaenah, E., & rini, C. p. (2020). Pembelajaran Matematika Kelas Rendah. Tangerang: FKIP UMT Press.

Unaenah, E., & rini, C. p. (2020). Pembelajaran Matematika Kelas Rendah. Tangerang: FKIP UMT Press.

Utari, R. S. (2021). Belajar Perbandingan Dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Surabaya: CV. Mitra Mandiri Persada.

Yusmanita, S., Ikhsan, M., & Zubainur, C. M. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian. Jurnal Elemen: 4 (1), hlm. 93-104.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.