KESIAPAN MENGAJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KONSEP DIRI AKADEMIK

Rasna Rasna, Maria Fransina Veronica Ruslau, Khumaeroh Dwi Nur'aini

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan mahasiswa dalam hal mengajar ditinjau dari konsep diri akademik yang dimiliki. Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan Pendidikan matematika Universitas Musamus yang telah lulus Matakuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berjumlah 51 orang dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket secara online menggunakan Google Form. Data yang diperoleh diuji validitas menggunakan rumus korelasi Spearman Rank dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa konsep diri akademik mahasiswa pada indikator harga diri, ideal diri dan peran, untuk pernyataan positif dengan alternatif jawaban “sangat setuju” dan “setuju” berada pada kategori sangat tinggi, gambaran diri berada pada kategori tinggi yang didukung oleh nilai mengajar praktik pengalaman lapangan dengan rata-rata nilai 89.30 dengan kategori nilai sangat baik. Sedangkan pada indikator identitas berada pada kategori cukup. Kesiapan mengajar mahasiswa dari keempat indikator yakni kesiapan merencanakan, mengelola, menguasai materi ajar serta menilai dan mengevaluasi hasil belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi. Namun pada indikator kesiapan dalam menguasai materi ajar berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut, mahasiswa diharapkan agar lebih serius dalam meningkatkan kesiapan mengajar terlebih dalam mengelola kelas dengan menitikberatkan pada praktik mengajar. Selain itu, perlunya kesadaran bagi mahasiswa bahwa penguasaan materi tidak terbatas pada materi bidang studi yang ditekuni, namun wajib bagi seorang pengajar dalam memperluas wawasan materi ajar.

Full Text:

PDF

References


Agustin, D., Iqomh, M. K. B., & Prasetya, H. A. (2019). Gambaran Harga Diri, Citra Tubuh, dan Ideal Diri Remaja Putri Berjerawat. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(1), 8. https://doi.org/10.26714/jkj.6.1.2018.8-12

Al-Muwattho, F. P., Aminuyati, & Okiana. (2018). Pengaruh Pemberian Apersepsi terhadap Kesiapan Belajar Siswa pada pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur) (Cetakan Ke). Rosda Karya.

Haris, A. (2019). Hubungan Penguasaan Materi Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di MTs N Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun 2018. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 6(1), 40–50. https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.40-50

Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom, VII(1), 91–96.

Lisa, P. (2017). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan dan Konsep Diri Akademik terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru. Sripsi UNNES.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Nur’aini, K. D., & Pagiling, S. L. (2020). Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Segi Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1036. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3171

Nur’aini, K. D., & Ruslau, M. F. . (2019). Mathematics Teacher Performance Based on Student ’ S Perception and Learning Achievement By Applying Structural Equation Modeling.

Nur’Aini, K. D., Ruslau, M. F. V., & Palobo, M. (2019). Mathematics Teacher Performance Based on Student’s Perception And Learning Achievement By Applying Structural Equation Modeling Approach. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012237

Nur’aini, K. D., & Ruslau, M. F. V. (2020). Kinerja Guru Matematika Berdasarkan Persepsi dan Kompetensi Siswa SMP di Kota Merauke. Journal of Honai Math, 3(1), 13–26. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.106

Rehanja, M. (2017). Pengaruh Konsep Diri Akademis terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9).

Samiroh, S., & Muslimin, Z. I. (2016). Hubungan antara Konsep Diri Akademik dan Perilaku Menyontek Pada Siswa- Siswi Mas Simbangkulon Buaranpekalongan. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 67–77. https://doi.org/10.19109/psikis.v1i2.569

Santoso, T., Ruslau, M. F. V., & Suryani, D. R. (2018). Penerapan Analisis Konjoin dalam Menentukan Persepsi Siswa SMA Negeri 1 Merauke Tentang Karakteristik Guru Matematika. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(1), 17–29. https://doi.org/10.35724/mjme.v1i1.781

Subaryana. (2015). Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 21–30. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/929

Sugiyono. (2016). Statistika Dasar untuk Pendidikan. Deepublish.

Supriadi, I. G. I., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2018). Efek Kausal Konsep Diri Akademik dan Minat Keguruan terhadap Ekspektasi Karier sebagai Guru dan Kaitannya dengan Sikap Profesionalisme Keguruan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(2), 64–72. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12935

Syabrus, H. (2015). Kesiapan dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 24–30. https://www.neliti.com/publications/8919/kesiapan-dalam-pelaksanaan-proses-belajar-mengajar-sekolah-menengah-kejuruan-kot

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Usman, U. (2017). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.

Wulandari, S. (2021). Optimalisasi Penguasaan Materi Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(2), 129-137.le. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(2), 129-, 129–137.

Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.