ANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Zaidaturrihana - Zaidaturrihana, Kusno Kusno

Abstract


Kebutuhan belajar merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan oleh pendidik dan peserta didik agar segala tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Terpenuhinya kebutuhan belajar dapat menunjang kelancaran pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis hal apa saja yang menjadi kebutuhan belajar mahasiswa, khususnya mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto angkatan 2020. Peneliti menggunakan instrumen angket dan melakukan wawancara untuk mengetahui bagaimana kebutuhan belajar mahasiswa pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Proses analisis dilakukan dengan rumus persentase untuk diperoleh tingkat kebutuhan belajar tersebut. Hasil wawancara menyatakan bahwa mahasiswa membutuhkan metode pembelajaran yang bervariasi agar lebih terpacu semangat nya dalam aktivitas di perkuliahan tersebut. Berdasarkan hasil dari pengisian angket dan setelah dilakukan pengolahan data diperoleh hasil analisis bahwa kebutuhan belajar mahasiswa meliputi indikator kebutuhan mendapatkan rasa aman dan nyaman sebesar , kebutuhan sumber belajar, media, dan metode pembelajaran sebesar ,  serta kebutuhan mendapatkan pelayanan dari dosen dan teman sebesar . Ketiga aspek kebutuhan belajar tersebut dijadikan sebagai pedoman dosen dalam melaksanakan proses perkuliahan kedepannya.


Full Text:

PDF

References


Alfiriani, A., Hutabri, E., & Pratama, A. (2017). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI. In IPA Pascasarjana UM (Vol. 2).

Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android.

Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/view/189

Endriani, A. (2016). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smpn 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Bimbingan Dan Konseling FIP IKIP Mataram, 1(2), 104–116. https://doi.org/10.33394/realita.v1i2.708

Mardiana, T., & Hartati, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.35313/irwns.v13i01.4242

Oktaviani, T., Rita Sulistya Dewi, E., & Kiswoyo, K. (2019). Penerapan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Permainan Bingo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. In Jurnal Mimbar Ilmu (Vol. 24, Issue 1). https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409

Ridhahani. (2020). Metodologi Penelitian Dasar bagi Mahasiswa dan Peneliti Pemula (A. Juhaidi, Ed.; 1st ed.). Pascasarjana Universitas Islam Negeri Antasari.

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Sholikhah, I., Aldy Purnomo, R., Abas, S., Winanto, A. R., & Hamidah, C. (2020). Industri Kreatif Pada Batik Tulis Tenun Gedog: Kondisi Sosial-Ekonomi Pasca Covid-19 (Vol. 4, Issue 2). Oktober Hal. https://doi.org/10.24269/iso.v4i2.469.g389

Sari, R. K., & Avianty, D. (2023). Pengembangan Media Ajar Berbasis Artificial Intelegence Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), 31-42.

Supriyati, I. (2020). Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTsN 4 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1).

Wicaksana, E. J., Atmadja, P., Lestari, W., Tanti, L. A., & Odrina, R. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19. Edu Teach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937

Wijayanti, A., & Sila, I. M. (2021). Peranan Kompetensi Komunikasi dalam Meningkatkan Profesionalisme Dosen Menyongsong Gerakan Merdeka Belajar. In Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi Januari (Vol. 22, Issue 1).

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 2(2), 84–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Yuliawati, L., Aribowo, D., & Abi Hamid, M. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 05(01), 35–42. https://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6197

Yuniasari, T., & Djazari, Moh. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 FE UNY. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia: Vol. XV (Issue 2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.2578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.