STUDI LITERATUR: KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Dian Lestari, Kusno Kusno

Abstract


Kemampuan menyajikan ide-ide atau konsep matematika atau strategi untuk memecahkan masalah matematika dengan secara tertulis ataupun lisan disebut sebagai kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis menjadi penting dimiliki peserta didik atau guru guna dapat bertukar pikiran secara efektif tentang pemahaman matematika. Dalam pertukaran pikiran dan gagasan dari guru ke murid dalam kegiatan pembelajaran matematika, diperlukan adanya komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Mengadopsi dari teknik analisis data menurut Miles & Huberman, peneliti melakukan tiga tahapan penelitian, pertama melaukan memilih dan merangkum hal-hal pokok dari dari kemampuan komunikasi, kemudian yang kedua menyajikan data dalam bentuk tabel dan uarian singkat, serta yang ketiga menarik kesimpulan. Penelitian ini Tujuan dari penelitian yakni untuk mengetahui bagaimana keterampilan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama dalam materi geometri khususnya bangun ruang sisi datar. Hasil dari penelitian ini yakni rata-rata siswa tidak mempunyai keterampilan komunikasi yang baik. Diantara tiga indikator keterampilan komunikasi menurut NCTM, siswa hanya mampu menguasai satu indikator. Indikator tersebut yakni  menuliskan ide-ide matematis ke dalam gambar, simbol atau diagram. Sedangkan dua indikator lainnya yakni menjelaskan dan menganalisis ide dan konsep matematis baik secara tertulis atau lisan serta indikator menggunakan berbagai istilah, berbagai simbol matematis dan susunannya siswa belum dipahami oleh siswa. Oleh karenanya, disimpulkan bahwa kemampuan atau keterampilan komunikasi matematis peserta didik jenjang SMP pada materi geometri khususnya bangun ruang sisi datar masih lemah.


Full Text:

PDF

References


Abas, A. (2019). Penerapan Blended Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. (Doctoral dissertation, Perpustakaan Pascasarjana).

Hendriana, H., &Kadarisma, G. (2019). Self-efficacy dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153-164.

Key, M., Batkunde, Y., & Nifanngelayu, J. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VII SMP Negeri 1 Fordata Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(1), 59-74.

Kurniawan, A., & Setiawan, D. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp berbantuan soal kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 271-282.

La`ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.

Lai`ila, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Komunikasi Pemecahan Masalah Matematisdengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). 463-474.

Minarti, E. D., Alghadari, F., & Hutajulu, M. (2020, October). Mathematical disposition ability and critical thinking: Evaluation of middle school students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012017). IOP Publishing.

Nabila, D.A. (2022). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI. IA. 2 SMA Negeri 2 Blitar. (Doctoral disertation, Universitas Negeri Malang).

Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389-400.

NCTM. (200). Principles and Standards for Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Nurkhin, A., Kardoyo, K., Pramusinto, H., Setyani, R., & Widhiastutu, R,. (2020). Applying blended problem-based learning to accounting studies in higher education; Optimizing the utilization of social media for learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(8), 22-39.

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif), 1(6), 1113-1120.

Qonaah, A., Pujiastuti, H., & Fatah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 991), 9-14

Rhamdania, N., & Basuki, B. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kampung Gudang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3). 445-458

Riswandha, S. H., & Sumardi, S. (2020). Komunikasi Matematika, Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika Dan Kemamdirian Belajar Terhadapay Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mercumatematika: Jurnal Penelitian Matematika dan pendidikan Matematika, 4(2), 84-93

Safitri, D. D., & Efendi, K. N. S. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 99-114.

Sucipto, H., Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Journal Fokus Action of Research Mathematic Factor M).1(2), 114-112.

Sulastri, E., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning pada Materi Sisteam Persamaan Linier Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2), 289-302.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods System Development in Indonesia. Indonesia. J. Inf. Syst, 1(2), 63.

Wardhana, I. R., & Lutfiano, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173-187.




DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.2554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JI-MR is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia 
All rights reserved.